Wednesday 18th September 2019,

Bahas Tentang Umat Hindu, Buku Fikih Muslim Bali Bersih dari Kata Kafir

Bahas Tentang Umat Hindu, Buku Fikih Muslim Bali Bersih dari Kata Kafir

ASWAJADEWATA.COM- Sudah tiga bulan yang lalu, buku Fikih Muslim Bali hadir di tengah-tengah masyarakat. Buku yang ditulis oleh Tim LTN NU Bali ini memberi khazanah keilmuan tentang hubungan antar umat Muslim dan umat Hindu di Bali.

Dengan perspektif ilmu Fikih, buku ini mampu menyatakan sikap hukum yang lembut dan bijak. Sama sekali tidak ada kata atau narasi yang menyinggung, baik kepada umat muslim sendiri terlebih kepada umat Hindu. Karena memang tujuan dihadirkannya buku ini untuk tetap menjaga keharmonisan yang telah terjalin dengan baik.

Salah satu bentuk tidak menyinggung adalah dalam penggunaan kata atu diksi dalam buku ini. Meski buku Fikih Muslim Bali membahas tentang hubungan umat Islam dan umat Hindu, tak ada di buku ini menyebut kata ‘kafir’.

Bahkan, terjemahan Alqur’an dan Hadits yang melafazhkan ‘kafir’ semuanya diartikan ‘non muslim’. Begitu juga lafadz pada redaksi referensi kitab para ulama, buku ini sama sekali tidak mengartikan lafadz ‘kafir’ dengan arti kafir.

Maka, buku yang bertajuk “Kelembutan Fikih dalam Menyikapi Keharmonisan Umat Muslim dan Umat HIndu di Pualau Dewata” bersih dari kata ‘kafir’. Jika ada yang punya buku ini lalu membacanya menemukan kata ‘kafir’, silakan catat dan sampaikan di no WA yg tercantum di bawah ini.

Share yuk ...

Leave A Response


Translate »