Wednesday 18th September 2019,

Belajar Berenang sambil Bermain

Belajar Berenang sambil Bermain

ASWAJADEWATA.COM | Berenang merupakan olahraga air yang menyenangkan dan banyak digemari hampir semua kalangan muda dan tua, dari yang kecil sampai orangtua. Selain banyak digemari, olahraga satu ini juga menyehatkan karena menggerakkan seluruh anggota tubuh sehingga baik untuk tumbuh kembang khususnya pada anak. Berenang adalah salah satu olahraga yang diajurkan dalam islam selain memanah dan berkuda. Karena manfaat renang yang begitu banyak, tidak salahnya di liburan panjang ini, anda memanfaatkan waktu liburan sambil mengajari anak berenang.

Nah, kali ini penulis ingin memberikan tips mengajarkan anak berenang. Ada beberapa hal yang harus diingat pada saat  mengajari anak berenang selain kesabaran, yaitu :

  1. Berikan penjelasan kepada anak mengenai manfaat berenang.
  2. Sebagai orangtua wajib menjelaskan peraturan di kolam renang.
  3. Berikan pemanasan terlebih dahulu sebelum masuk ke kolam renang.
  4. Untuk pemula, mulailah dari kolam yang tidak dalam.
  5. Saat berada di kolam renang pegangi bagian ketiaknya dan mintalah anak untuk menarik napas dan menahan napas dengan memasukkan wajahnya ke dalam air sesuai dengan aba-aba yang anda berikan.
  6. Berikanlah rasa aman dan nyaman pada anak dengan cara mengajaknya berkeliling di kolam renang dengan menaiki bahu anda.
  7. Tengkurapkan anak, dan topanglah bagian dada dan pahanya dengan kedua tangan anda serta mintalah untuk menggerakkan kakinya.
  8. Berikan aba-aba berupa hitungan saat anda menginginkan anak melakukan apa yang anda minta.
  9. Berikan semangat pada anak agar tidak mudah menyerah dan takut serta berikan pujian padanya saat ia berhasil.
  10. Bila anak sudah berani, mintalah untuk mengulangi kembali dan tentunya masih dalam pengawasan anda.

 

Mengajari anak berenang sejak dini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan melatih fisik motorik serta mengajarinya untuk melindungi diri ketika di dalam air. Jadikanlah moment liburan anda sekeluarga menjadi istimewa dan menyenangkan. Bila anak anda memiliki bakat berenang, tidak salahnya setelah liburan selesai, anda mencari guru privat untuk melatih kemampuan berenangnya. (dds)

Share yuk ...

Leave A Response


Translate »