Wednesday 16th October 2019,

Masjid Al Imron, Satu-Satunya Masjid di Pulau Nusa Penida

Masjid Al Imron, Satu-Satunya Masjid di Pulau Nusa Penida

ASWAJADEWATA.COM – Kampung Toya Pakeh, sebuah perkampungan yang berdekatan dengan pelabuhan Maruti dengan mayoritas penduduk muslim yang terdiri dari beberapa latar belakang suku daerah di Nusantara seperti suku Sasak, Bali, Jawa dan lainnya.

Masjid Al Imron yang terletak di Kampung Toya Pakeh, Nusa Penida merupakan satu-satunya tempat ibadah bagi masyarakat muslim dan telah berdiri tegak sejak tahun 1956 di pulau Nusa Penida yang berdekatan dengan Pulau Nusa Ceningan, dan Pulau Nusa Lembongan.

Masjid dengan type bangunan yang didominasi ornamen Bali itu mengesankan ekspresi kecintaan masyarakat terhadap budaya setempat. Bedug juga terlihat berdiri di depan kiri masuk masjid, sebagai penanda masuknya waktu shalat.

Masjid Al Imron di Nusa Penida – Bali

Adapun amaliyah seperti adzan dua kali, dzikir setelah shalat, khatib jum’at memegang tongkat dan lainnya sangat menunjukkan bahwa mayoritas jama’ah adalah Nahdliyyin. Sedangkan, kegiatan peringatan hari besar Islam yang diadakan seperti perayaan Maulid Nabi Muhammad saw setiap tahunnya dihiasi dengan model unik telur.

Tak ketinggalan sistem pendidikan untuk anak-anak sejak dini berupa madrasah Diniyah yang dijadwalkan waktunya pada sore hari dan ba’da maghrib di lingkungan komplek masjid turut melengkapi aktifitas keseharian masyarakat muslim di kampung itu. (Syahrial/dad)

Share yuk ...

Leave A Response


Translate »