Wednesday 18th September 2019,

Ruqyah Bukan Untuk Kesurupan (1)

Ruqyah Bukan Untuk Kesurupan (1)

ASWAJADEWATA.COM – Ruqyah atau Rukyah (Arab: رقية; Inggris:exorcism) adalah metode penyembuhan dengan cara membacakan sesuatu pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (mata hasad), sengatan hewan,bisa, sihir, rasa sakit, gila, kerasukan dan gangguan jin.

Pengertian ruqyah secara terminologi adalah al-‘udzah (sebuah perlindungan) yang digunakan untuk melindungi orang yang terkena penyakit, seperti panas karena disengat binatang, kesurupan, dan yang lainnya. Ruqyah terkadang disebut pula dengan ‘azimah (azimat). Fairuz Abadi berkata: “Yang dimaksud ‘azimah-‘azimah adalah ruqyah-ruqyah. Sedangkan ruqyah yaitu ayat-ayat Al-Qur`an yang dibacakan terhadap orang-orang yang terkena berbagai penyakit dengan mengharap kesembuhan.”

Medical Check Up

Sedangkan makna ruqyah secara etimologi syariat adalah doa dan bacaan-bacaan yang mengandung permintaan tolong dan perlindungan kepada Allah SWT untuk mencegah atau mengobati bala dan penyakit. Terkadang doa atau bacaan itu disertai dengan sebuah tiupan dari mulut ke kedua telapak tangan atau anggota tubuh orang yang meruqyah atau yang diruqyah.

Sebagai pelaksanaan dari program – program terbaru dari Dewan Kemakmuran Masjid Agung Al – A’la Kabupaten Gianyar. Maka Bidang Imaroh, khususnya Seksi Kesehatan melaksanakan kegiatan Ruqyah Massal dan Medical Check Up.

Rangkaian acara diawali dengan Medical Check Up yang dimulai setelah Sholat Ashar berjamaah. Dipimpin langsung oleh dr. Mahmud sebagai Kepala Seksi Kesehatan DKM dan Drs. Lalu Ucin,Amd.Gizi selaku Ketua Bidang Imaroh. Bentuk pelayanan yang diberikan antara lain, cek tekanan darah, cek kolesterol, cek gula darah, timbang berat dan tinggi badan, refleksi dan bekam. (Agus)

(bersambung)

Share yuk ...

Leave A Response


Translate »