Tuesday 19th November 2019,

Segala Ilmu Harus Berdasarkan Kitab

Segala Ilmu Harus Berdasarkan Kitab
Share it

ASWAJADEWATA.COM | Jika ingin meneruskan perjuangan kita , maka sekolahkan anak – anak kita di tempat yang memang silsilahnya (bersanad) NU. Demikianlah yang disampaikan oleh Ustadz M. Hasyim Asy’ari, Rois Syuriyyah PCNU Gianyar pada acara Lailatul Ijtima yang diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah NU (LDNU) Gianyar.

Lailatul Ijtima ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan. Dan kali ini dilaksanakan di kediaman Ustadz Firman Ayani yang merupakan Ketua PC Pergunu dan PC JRA Gianyar. Diawali dengan pembacaan Sholawat Badar dan dilanjutkan dengan Istighotsah yang dipimpin oleh H. Abdul Malik. Dan doa dipimpin oleh Drs. H. Anshori.

tausiyah oleh H. Ibnu Atho’illah,ST,MT

Dilanjutkan dengan tausiyah oleh Katib Syuriyyah PCNU Gianyar, H. Ibnu Atho’illah,ST,MT. Beliau menyampaikan bahwa di jaman canggih ini sering kita menemukan tulisan maupun video yang isinya menyerang amaliyah – amaliyah Ahlus Sunnah wal Jamaah. Jika menerima sesuatu info, diharapkan info tersebut berasal dari kitab yang jelas. Sehingga jika ada hal yang berseberangan juga harus disanggah dengan kitab juga. Bukan hanya sekedar Bid’ah, Sesat, Kafir dan Neraka,tambahnya.

Mengingat semua yang ada itu adalah bentuk Rohman dan Rohim nya Allah SWT. Termasuk urusan Surga dan Neraka. Bahkan ada seorang pelacur yang karena memberi minum kepada anjing bisa masuk surga. Dan ada pula ahli Tahajjud yang masuk neraka karena tidak memperhatikan kucing peliharaannya. Seperti yang di kisahkan dalam kitab Al-Mawa’idz al-‘Ushfuriyyah. Ini merupakan kumpulan 40 hadits yang dilengkapi kisah – kisah seperti Umar RA. Yang mendapat rahmat karena membeli burung pipit (al-‘Ushfuriyyah) yang jadi mainan anak- anak dan kemudian dibebaskannya.

Warga Hindu sekitar turut membantu menjaga kegiatan

Setelah tausiyah, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan arisan. Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan dari PC Pencak Silat NU Pagar Nusa Gianyar, PC GP Ansor Gianyar, PC Persatuan Guru NU (Pergunu) Gianyar dan PC Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Gianyar ini juga memiliki kesan tersendiri bagi Bapak Gusti Ngurah Sudha, seorang warga Hindu Bali yang merupakan tetangga shohibul hajat. Beliau mengapresiasi bentuk Islam Ramah yang didakwahkan NU, serta mengagumi sosok Gus Dur baik secara kepemimpinan maupun secara spiritual.

(ulasannya klik disini http://www.aswajadewata.com/kekaguman-non-muslim-terhadap-gus-dur/)

Leave A Response


Translate »