Tuesday 15th October 2019,

Topeng

Dina Delda Sari October 7, 2019 perspektif No Comments on Topeng
Topeng

ASWAJADEWATA.COM – Topeng! Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita mengenal arti topeng. Apa sih topeng? Menurut KBBI topeng adalah kepura-puraan untuk menutupi maksud sebenarnya. Nah, saat ini penulis ingin menulis sebuah artikel mengenai topeng dalam kehidupan sosial.

Manusia adalah mahkluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Namun, jika ingin menjadi manusia berkualitas jadilah manusia yang memiliki kepribadian yang istimewa. Menjadi pribadi istimewa sangatlah mudah, cukup terima diri apa adanya dan bangunlah diri sendiri dengan cara menggali potensi yang ada dalam diri. Sebagian orang tidak menyadari bahwa potensinya tersembunyi saat ini karena terlalu sibuk mencela dirinya dan orang lain sehingga melupakan potensinya. Mulai saat ini hentikan pikiran mencela diri sendiri dan orang lain, mulailah memberanikan diri untuk menggali potensi, dan perlihatkan kepada dunia siapa anda sesungguhnya. Rasakan perbedaannya! Akan ada perasaan bangga terhadap diri sendiri sehingga tidak perlu lagi sembunyi di balik topeng.

Jangan biarkan kesempurnaan menakuti diri sendiri. Menjadi diri sendiri itu lebih manusiawi dari pada memakai topeng hanya untuk terlihat baik.

Kritik memang mengerikan tetapi bila kita mempunyai kepercayaan diri yang tinggi sudah barang tentu bisa menerimanya. Sebagian orang merasa takut memperlihatkan diri sesungguhnya, khawatir akan dicela, dikritik, dan yang lebih parah khawatir tidak diterima di lingkungannya. Sungguh melelahkan berjalan sesuai dengan keinginan orang lain dan hal itu akan mengakibatkan ketidakbahagiaan, padahal bahagia itu mudah, manusia dilahirkan untuk bahagia. Sedangkan terlalu berusaha menyesuaikan diri pada lingkungan sangat melelahkan, seperti memasukkan diri ke penjara padahal tidak melakukan kesalahan.

Berbeda itu unik, oleh karena itu jangan pernah takut untuk menjadi orang yang berbeda. Hilangkan rasa takut pada diri sendiri tanamkanlah di alam bawah sadar bahwa tidak ada orang yang sempurna. Jangan biarkan kesempurnaan menakuti diri sendiri.

Menjadi diri sendiri itu lebih manusiawi dari pada memakai topeng hanya untuk terlihat baik. (dds)

Share yuk ...

Leave A Response


Translate »