Wednesday 16th October 2019,

Warga Hindu dan Muslim Lunyuk Bersihkan Masjid dan Pura

Warga Hindu dan Muslim Lunyuk Bersihkan Masjid dan Pura

Kedamaian dan kerukunan di Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa benar-benar sangat terasa. Meski berbeda suku dan agama, namun kehidupan masyarakat setempat hidup berdampingan dengan semangat toleransi. Terlebih lagi pasca isu SARA yang sempat menyeruak dan mengusik ketenangan warga.

Masyarakat Lunyuk tidak ingin menjadi korban provokasi yang merusak tali persaudaraan. Ini terlihat dari kegiatan gotong royong bersama untuk membersihkan tempat ibadah seperti masjid dan Pura yang berlokasi di Desa Suka Maju dan Desa Pada Suka Kecamatan Lunyuk, Kamis (27/12) lalu.

Kegiatan ini melibatkan masyarakat dua desa yang diinisiasi TNI dan Polri. Hadir di antaranya Kasdim 1607/Sumbawa Mayor Arh Huwairi ST, Kabag Ops Polres Sumbawa AKP Burhanudin, Danramil 1607-07/Lunyuk Kapten Inf I Wayan Sulendra, Danki Brimob Sumbawa Iptu Nurdin, Kapolsek Lunyuk AKP Matias WAL dan Danton Kompi B Yonif 742 Lettu Inf Mahfud. Titik gotong royong ini dipusatkan di Masjid Al-Ikhsan Desa Padasuka dan di Pura Dalam Suka Maju Kecamatan Lunyuk.

Kabag Ops Polres Sumbawa AKP Burhanudin menyampaikan apresiasi kepada masyarakat terutama yang ikut andil dalam menciptakan rasa tentram dan nyaman serta aman khususnya di wilayah Lunyuk. Ia menilai kegiatan gotong royong ini sangat positif dalam mendukung terciptanya kerukunan antar umat beragama, disamping terwujudnya kondusifitas daerah. Ia berharap kegiatan ini harus tetap dilakukan di masa-masa mendatang.

“Jangan terulang lagi kejadian yang sama karena tidak bermanfaat dan cenderung mendatangkan mudharat, serta kerugian dari kedua belah pihak. Mari kita lupakan peristiwa kemarin, kita kembali berbaur seperti biasa dengan selalu merawat keberagaman,” pungkasnya. (samawarea)

Share yuk ...

Leave A Response


Translate »