Tuesday 03rd August 2021,

Tinjau Vaksinasi Massal di Ubud dan Denpasar, Presiden Jokowi Isyaratkan Segera Membuka Sektor Pariwisata Bali

Tinjau Vaksinasi Massal di Ubud dan Denpasar, Presiden Jokowi Isyaratkan Segera Membuka Sektor Pariwisata Bali
Share it

ASWAJADEWATA | GIANYAR

Dalam pidatonya di Puri Agung Ubud, Gianyar, Presiden Jokowi mengatakan akan kembali membuka pariwisata di Bali. Dengan catatan jika kasus Covid-19 di Bali berangsur melandai, menurun, atau bahkan hilang.

Hal ini disampaikan Presiden saat melakukan kunjungan kerjanya di Bali dalam rangka meninjau pelaksanaan vaksin masal yang digelar di Kota Denpasar dan Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (16/3).

“Saya berkunjung ke Bali ingin melihat proses berjalannya vaksinasi yang telah diberikan kepada para pelayan publik, tokoh-tokoh agama, dan juga sebagian di lingkungan masyarakat,” jelasnya dikutip dari channel youtube Kepresidenan.

Jokowi mengungkapkan bahwa ada tiga kawasan yang akan dikonsentrasikan menjadi kawasan (zona) hijau di Bali, yaitu Ubud, Sanur, dan Nusa dua.

“Saya lihat di provinsi Bali ini kita ingin konsentrasi di tiga zona hijau yaitu di Ubud, Sanur, dan Nusa Dua. Kita harapkan ini jadi kawasan hijau yang nantinya kita bisa buka penuh untuk para turis, sehingga mereka merasa aman dan nyaman tinggal di Bali. Dan kita harapkan dengan kita fokus di tiga zona ini, kebangkitan sektor pariwisata di provinsi Bali akan mulai dan akan kita evaluasi setiap minggu,”

Meskipun demikian, Presiden tetap mengingatkan bahwa kondisi Covid 19 di Bali masih memerlukan proses yang harus dijalani untuk kembali normal sepenuhnya.

“Apabila nanti kelihatan penyebaran Covid-19 landai, menurun, atau kemudian hilang, dengan tahapan-tahapan yang akan didesain baik dari provinsi, kabupaten, kota, maupun pusat. Kita akan mulai satu per satu pembukaan di ekonomi khususnya sektor pariwisata di Bali agar kembali dalam posisi normal,” ujar Jokowi.

Sedangkan menurut Menteri Pariwisata Sandiaga Uno yang mendampingi Presiden dalam kunjungannya kali ini, ketika ditanya kapan kira-kira pariwisata Bali akan dibuka. Dirinya menjawab, “Jika angka covid 19 terkendali, semua patuh protokol kesehatan, hasil testingnya baik, dan vaksinasi terus digenjot, mudah-mudahan di Juni-Juli.”

Penulis: Dadie W. Prasetyoadi

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »