Saturday 28th November 2020,

Ikawangi : Halal Bihalal Untuk Penguat Persaudaraan

Ikawangi : Halal Bihalal Untuk Penguat Persaudaraan
Share it

Penyerahan Bantuan dan Lelang

ASWAJADEWATA.COM – Ikatan Warga Banyuwangi (Ikawangi) Dewata Cabang Gianyar menggelar acara Halal Bihalal pada Sabtu 29 Juni 2019. Mengambil tema Panjer Kiling,  Kuwung Mas, Sigar Jambe. Dan motto Siap Mengabdi, Jenggirat Tangi, Seduluran Selawase.

Bertempat di Balai Budaya Gianyar kegiatan diawali dengan penampilan Hadrah Kuntulan dengan membawakan lagu – lagu khas Banyuwangi. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Perhatian penonton tersita dengan penampilan Tari Gandrung dari garapan Ikawangi Dewata Bali. Lekuk gemulai penari Gandrung juga turut mengsinspirasi pelukis Nanang Lugonto yang menuangkan gairah seninya dalam On The Spot Painting. On The Spot Painting merupakan merupakan melukis langsung di tempat. Sehingga diperlukan kemampuan khusus.

Dimeriahkan dengan penampilan Koor Ibu – Ibu Ikawangi Dewata Cabang Gianyar yang membawakan lagu Umbul – Umbul Blambangan dan Sumber Wangi. Kemudian santunan anak – anak yatim dan sambutan Ketua Ikawangi R. Hadi Suyatna.

Adapun pesan yang disampaikan antara lain ucapan terima kasih atas kehadiran para undangan. Tema ini adalah ajakan untuk warga Banyuwangi untuk bangkit dan memperbaiki kualitas. Terutama untuk kesatuan persatuan tanpa ada perpecahan. Turut mendukung program pemerintah baik Banyuwangi maupung pemerintah Gianyar sebagai tempat kita berpijak.

Ikawangi tak hanya sebagai peguyuban semata, namun memiliki  beberapa program diantaranya. Bantuan seperti rehab Musholla Pasdalem, Jumat Berkah sebulan sekali, bantuan korban bencana alam. Di bidang seni budaya, Ikawangi mengembangkan seni Hadrah Kuntulan yang pernah kolaborasi saat pawai Ogoh – Ogoh, tambahnya.

Tari Sekar Jagat STT Pasdalem Gianyar

Di bidang pemberdayaan perempuan, yaitu dengan arisan rutin dan paduan suara. Di bidang ekonomi dan pemuda, dengan mengadakan seragam batik, udeng dan kaos. Anggota Ikawangi adalah orang yang memiliki leluhur dan darah Banyuwangi namun sudah berdomisili di Gianyar,  tutupnya.

Bupati Gianyar yang diwakili oleh Assisten 2 Sekretariat Daerah Kabupaten Gianyar, I Made Suradnya,M.Si menyampaikan bahwa. Kegiatan ini merupakan upaya peningkatan persatuan dan kesatuan, sekaligus menggali potensi seni budaya Islam dan Hindu di Gianyar. Sekaligus sebagai penguat identitas bangsa.

Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, Pak Rido menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Ikawangi karena sudah berhasil menggelar kegiatan Halal Bihalal seperti ini. Beliau juga bangga dengan seni Hadrah Kuntulan dan Gandrung Kreasi yang digarap seniman di Gianyar.

    Hadrah Kuntulan Ikawangi Gianyar

Ketua DPP Ikawangi Dewata, Agustinus Wijaya, menyampaikan rasa bangga kepada para jajaran Ikawangi se-Bali . Dan harapannya kegiatan seperti ini dapat selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Jangan harap ada rasa seduluran selawase, jika kita tidak saling sering ketemu, ujarnya.

Penampilan Drama Tari Jaran Goyang dan Lelang Lukisan menjadi pertunjukkan penutup acara yang dihadiri sekirar 500an undangan ini. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Pejabat Daerah. Kepala Kesbangpol Linmas Kab. Gianyar, Dewa Gede Alit Mudiartha. Ka.Si Bimas Islam Kantor Kemenag Gianyar, H. M. Choiron. Ketua DLLAJ Banyuwangi, Ali Ruchi. Dan Jajaran Pengurus Ikawangi yang ada di Provinsi Bali.

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »