Tuesday 26th January 2021,

Ketika Gus Dur Tidur Bersama Guide di Bandara

Ketika Gus Dur Tidur Bersama Guide di Bandara
Share it

ASWAJADEWATA.COM | DENPASAR

Ada kisah berkesan yang disampaikan Ida Rsi Putra Manuaba saat memberikan testimoni pada Haul Gus Dur ke 10 di Ashram Gandhi Puri Denpasar, Selasa (7/1).

Suatu waktu, jauh sebelum menjadi Presiden RI ke 4, Gus Dur yang masih sehat datang ke Bali sendirian untuk mengahdiri sebuah acara. Ida Rsi terlambat menjemput Gus Dur di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Setibanya di Bandara, Ida Rsi yang tergopoh gopoh itu kebingungan mencari keberadaan Gus Dur. Tanpa disangka,ternyata Gus Dur tidur pulas di kursi bersama para guide wisata yang biasa berada disana.

Setelah dibangunkan, Ida Rsi yang saat itu masih muda meminta maaf kepada Gus Dur atas keterlambatannya.

“Syukur kamu lambat, saya bisa tidur, kalau sudah kamu jemput pasti gak punya kesempatan tidur” jawab Gus Dur santai.

Dari sanalah, Ida Rsi semakin dekat dan intens berhubungan dengan Gus Dur. Hampir dipastikan, setiap Gus Dur berkunjung ke Bali,baik saat atau tidak jadi Presiden, akan menyempatkan diri untuk singgah dan seringkali menginap di Ashram Gandhi Puri yang dirintis oleh Ibu Gedong Bagus Oka ini.

Gus Dur juga selalu membangun dialog dengan beberapa tokoh Hindu Bali, diantaranya Putu Suasta, Dewa Palguna, Alit Kelakan, Alit Bagiasna, Wayan Sudirta, Gede Sudibya dan para tokoh lainnya.

Selain berdialog Gus Dur juga kerap mengunjungi tempat-tempat yang dianggap suci bagi umat Hindu. Sehinga tak heran, jika sampai saat ini Gus Dur sangat dicintai oleh masyarakat Bali.

Penulis: Karim ‘Iboy’ Abraham
Foto: Aswaja Dewata

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »