Saturday 28th November 2020,

Ngaji dan Sholawat, Nafas Keseharian Masyarakat Nahdliyin

Ngaji dan Sholawat, Nafas Keseharian Masyarakat Nahdliyin
Share it

ASWAJADEWATA.COM | 

Ngaji dan bersholawat bagi sebagian besar muslim tentu telah menjadi bagian dari rutinitas yg tak bisa dipisahkan khususnya pada warga Nahdliyin. Sebab dalam konsep ke-ilahi-an acara ini tentu membawa kemanfaatan yang hakiki.

Sehingga dalam beberapa acara keagamaan, ngaji dan bersholawat menjadi kegiatan yang wajib dilakukan. Sama halnya dengan acara yang diadakan oleh para Alumni Ponpes Wali Songo Situbondo (Sahmasy) se-Bali yang dilaksanakan di lapangan Kelan, Jimbaran (5/9/19) lalu.

Namun yang menjadi menarik dalam acara ini adalah langsung dihadiri Pengasuh Ponpes Wali Songo Situbondo K.H. Raden Muhammad Kholil As’ad Samsul Arifin .

Beliau adalah putra kedua dari tokoh Ulama NU sekaligus tokoh nasional KHR. As’ad Samsul Arifin pendiri PP Safi’iyah Salafiyah Sukorejo, sehingga acara ini dihadiri oleh ribuan muslim yg ada di Bali.

Lamsuri, salah satu jama’ah yang hadir mengatakan, “Acara shawat seperti ini kalau dihadiri langsung oleh Kiai Kholil pasti memiliki daya tarik sendiri karna kharisma beliau yang luar biasa.”

Mendengar pernyataan di atas menjadi tidak heran jika acara ini dihadiri oleh ribuan muslim yang ada di Bali.
Sama halnya dengn pernyataan yang disampaikan oleh Moh. Afendi, “Kiai Kholil itu memang punya kharisma tersendiri, khususnya bagi masyarakat muslim di daerah Situbndo, Bondowoso, Jember, Madura dan sekitarnya. Sehingga tidak heran jika setiap acara yang dihadirinya pasti dibanjiri oleh jamaah.”

Semoga acara-acara seperti ini dapat lebih sering diadakan di tengah krisis moral dan kegundahan bangsa yang sedang berlangsung akibat ulah sebagian pelaku politik praktis.

(Subhan/Dadie)

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »