Saturday 28th November 2020,

10 Manfaat Sholat

agus surya September 22, 2019 Agenda No Comments on 10 Manfaat Sholat
10 Manfaat Sholat
Share it

ASWAJADEWATA.COM | Istighotsah Kubro kembali digelar oleh Majelis Dzikir Amnaniyyah Siroojuth Tholibiin Jampes Denpasar yang bekerja sama dengan Dewan Kemakmuran Masjid Agung Al-A’la Kabupaten Gianyar.  Majelis Siroojut Tholibiin merupakan majelis dzikir dari Pondok Pesantren Ammaniyyah Siroojuth Thoolibiin Jampes – Denpasar.

Istighotsah adalah salah satu cara untuk meminta pertolongan kepada Allah dari segala kesulitan yang ada. Dalam Surat al-Anfal ayat 9 disebutkan:

إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ أَنِّي مُمِدُّكُمْ بِأَلْفٍ مِنَ الْمَلَائِكَةِ مُرْدِفِينَ

Yang artinya: “(Ingatlah wahai Muhammad), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut.”  (QS al-Anfal: 9).

Acara diawali dengan pembacaan Sholawat yang diiringi Hadrah Siroojut Tholibiin dan Pembacaan Ayat suci Al – Qur’an oleh ananda Akmal.  Selamat datang untuk yang kedua kalinya atas kedatangannya. Dan kami menyambut baik kegiatan – kegiatan dzikir seperti ini. ungkap Ketua Dewan Syuro Dewan Kemakmuran Masjid Agung Al-A’la Kabupaten Gianyar, H. Ibnu Atho’illah,ST,MT.

Kegiatan seperti ini adalah kebutuhan kita. Karena dzikir adalah sesuatu yang agung. Ala Dzikrullahi Akbar. Dzikir menjauhkan kita dari perbuatan maksiat Dzikir tak hanya dilakukan saat di majelis saja, namun dimanapun dan kapanpun kita, tambah pria yang aktif sebagai dosen ini.

Ustadz Mashur selaku ketua Jampes Denpasar. Beliau menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah diberi kesempatan yang kedua kalinya untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Dan dalam rangka memperingati Kita tentu ingin Hijriyah dari yang tidak tahu menjadi tahu Karena banyak orang yang belum bisa hijrah. Dan bagaimana esok hari kita menjadi lebih baik dari kemarin, ungkapnya.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sholawat Badar dan dilanjutkan dengan mauidhoh Hasanah oleh K. H. Ir. Agus Thoha Al Amnany. Beliau mengutip Umar Hendaklah kalian menghisab diri kalian sendiri sebelum kelak kalian dihisab. Kesukaan kita menghisab orang lain. Saking sibuk nya menghisab orang lain sehingga lupa menghisab diri sendiri. Memang sangat sulit untuk melihat aib sendiri tapi lebih mudah melihat cacat orang lain. Dan mari kita lebih banyak bermuhasabah.

 

Sholat ialah amalan paling penting diantara amal – amal lainnya. Kalo orang itu sholat nya baik, sudah pasti amal – amal lainnya akan baik. Nabi  Muhammad SAW bersabda,

الصَّلاةُ عِمادُ الدِّينِ

yang artinya sholat ialah imaddudin (tiang agama). Sebagaimana sesungguhnya tiang dari sebuah bangunan. Ada 10 perkara yang terkandung di dalam sholat ialah Pertama, sholat itu menjadi hiasannya wajah. Kedua, menjadi cahaya di hati. Ketiga, sholat menjadikan badan menjadi enak (sehat).

Keempat, sholat itu yang menjadikan ketenangan di dalam hati dan kuburnya. Kelima, menjadi penyebab turunnya rahmat dari Allah SWT. Keenam, sholat menjadi kuncinya langit. Ketujuh, sholat itu menjadi pemberat timbangan mizan. Kedelapan,  sholat ialah amalan yang paling diridhoi Allah SWT. Kesembilan, sholat itu menjadi bayaran surga. Dan yang kesepuluh, menjadi hijab dari neraka.

Jika ada yang menjaga sholat 5 waktu maka itu akan menjadi cahaya di hari kiamat Barang siapa yang tidak menjaga sholat maka tidak akan ada cahaya dan akan bersama Firaun, Qorun dan tokoh tokoh munafiq. Dan sesungguhnya sholat itu adalah syifaah (obat), tutupnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan doa bersama dari masing – masing perwakilan undangan. Dan acara ditutup dengan makan bersama ala pesantren.

Reporter: Agus Surya
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

 

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »