Thursday 23rd September 2021,

Degan Jelly Fresh, Varian Baru Takjil Buka Puasa

Degan Jelly Fresh, Varian Baru Takjil Buka Puasa
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Bulan puasa identik dengan Takjil, makanan dan minuman sebagai penanda berbuka puasa. Walaupun Ramadhan 1441 H kali ini berbeda dengan sebelumnya disebabkan kondisi pandemi Corona, kreatifitas umat muslim dalam mengolah makanan/minuman ini tidak lantas surut.

Sebutlah kelapa muda, minuman favorit untuk melepas haus saat berbuka. Segarnya air kelapa dingin itu sekarang punya varian baru yang cukup menarik. Seorang marbot masjid di Denpasar mengisi waktu senggangnya menjual Degan Jelly Fresh, yakni Kelapa Muda yang airnya dipermentasi menjadi Jelly drink. Namun uniknya proses permentasinya tetap didalam batok kelapa utuh.

Kemasan yang dijual sedemikian rupa lengkap dengan batok buah kelapanya ini sangat mengundang selera. Belum lagi rasa murni air kelapanya yang dingin bertekstur kenyal itu sangat pas diteguk ketika saat bedug maghrib berbunyi, lengkap dengan daging buahnya yang segar.

Penjualnya adalah Ustadz Safiuddin yang sehari-harinya bertugas menjaga Musholla Al Qomar dan menjadi pengajar di TPQ yang sama. Dia mengatakan bahwa Degan Jelly ini didatangkan langsung dari Banyuwangi.

“Saya awalnya mencoba untuk menjualnya secara online dan mengantarnya sendiri ke pelanggan di sekitar Denpasar untuk mengisi waktu luang. Dan ternyata banyak yang suka lalu memesan kembali,” ungkapnya.

Akhirnya Ustadz Safiuddin memutuskan untuk menjualnya sebagai menu Takjil saat Ramadhan tiba. Dirinya membuka lapak di halaman luar Musholla Al Qomar itu setiap sore.

“Walaupun Degan Jelly ini diproses tanpa bahan pengawet, jika disimpan dalam suhu dingin mampu bertahan selama 4 hari. Saya menjualnya seharga Rp. 20.000/buah. Alhamdulillah setiap hari sekitar 25 buah bisa terjual,” pungkasnya.

Penulis: Dadie W. Prasetyoadi

 

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »