Thursday 21st January 2021,

Pecahkan Rekor Suhu Udara, Gelombang Panas Melanda Eropa

Pecahkan Rekor Suhu Udara, Gelombang Panas Melanda Eropa
Share it

ASWAJADEWATA.COM –  Rekor cuaca terpanas di Jerman sebelumnya tercatat terjadi di daerah Kittzingen, Bayern 40,3°C pada 5 Juli 2015. Angka tersebut terlewati pada hari Rabu (24/7) ketika suhu di kota Geilenkirchen, Nordrhein-Westfalen, mencapai 40,5°C.

Tidak berhenti sampai disitu, menurut laporan berbagai situs berita online Eropa cuaca panas itu terus meningkat dan meluas di beberapa negara dan kota lainnya seperti Paris, Perancis. Bahkan meningkat tajam ke angka 42°C, yang mana adalah cuaca terpanas disana sejak 70 tahun lalu.

Hingga Jum’at (26/7) dilaporkan rata-rata suhu di beberapa kota negara lain seperti Belanda dan Belgia juga mencapai angka 40°C.

Warga kota Paris terlihat memadati kolam air mancur Trocadero fountains di menara Eifel dan sebagian menceburkan diri untuk sekedar merasakan segarnya air.

Di Belgia peringatan dikeluarkan oleh pemerintah berkenaan dengan cuaca ekstrem ini. Masyarakat dianjurkan agar banyak minum air, berdiam di ruangan yang dingin dan setiap warga diminta untuk saling mengawasi, tetap tenang dan selalu memperhatikan arahan pemerintah setempat.

Andreas Friedrich, seorang ahli  Meteorologi Jerman yang diwawancarai oleh DW News memaparkan, “Dalam satu abad lalu kita mengalami suhu udara setinggi 40 derajat Celsius hanya 1 kali, tapi sekarang tiap 3 atau 4 tahun sekali kita mendapatinya”.

“Perubahan Cuaca (Climate Change) telah benar-benar terjadi, dan untuk itu kita harus membiasakan diri untuk menghadapinya di masa depan”, tandasnya

(dad)

Sumber: brigitte.de (mjd)

 

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »