Saturday 27th November 2021,

PKPT UIN Malang dan Pelajar NU Bali Gelar Bedah Buku Bersama

PKPT UIN Malang dan Pelajar NU Bali Gelar Bedah Buku Bersama
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Giat literasi sudah sangat penting untuk senantiasa digalakkan khususnya di kalangan generasi muda NU. Seperti yang dikatakan M. Rizky Muhammad F, narasumber acara Bedah Buku yang diadakan oleh PW IPNU/IPPNU Bali, Sabtu malam (7/3).

“Keprihatinan akan rendahnya minat pengayaan literasi di kalangan anak muda saat ini yang memotivasi kami untuk menyusun buku pertama ini.” ujar Rizky mengawali paparannya.

Malam itu PW IPNU IPPNU Bali mendapat tamu istimewa. Rombongan dari PKPT UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam kegiatan safari reliji sekaligus wisata di Bali, menyempatkan diri mengadakan kegiatan bersama PW IPNU IPPNU Bali. Mereka berkolaborasi dengan mengadakan acara bedah buku.

Bertempat di gedung PWNU Bali, acara bedah buku terkonsep dengan sangat menarik. Terlebih ada dua buku yang dibedah dalam acara tersebut. Pertama, buku ‘Menara Muda’ yang ditulis oleh tim dari PKPT UIN Malang dan buku ‘Fikih Muslim Bali’ yang ditulis oleh M. Taufik Maulana dan tim LTN NU Bali.

Gus Tama dan Rizky Muhammad

Menarik untuk ditelaah bersama seputar obrolan dalam bedah bukunya, Rizky, yang menjadi pembedah buku Menara Muda ternyata sangat menekankan pada sejarah masuknya Islam beserta perkembangannya di nusantara. Dengan memunculkan bagian-bagian yang menekankan bagaimana Islam Nusantara bisa diterima di masyarakat khususnya kaum milenial.

Ditambah dari pembedah kedua Fikih Muslim Bali oleh M. Taufik Maulana yang lebih menekankan bagaimana umat muslim berakulturasi budaya, yang ini menjadi faktor utama, sehingga Islam dapat diterima baik oleh masyarakat Bali. Tradisi-tradisi yang ditampakkan tetap mengedepankan toleransi antar umat beragama agar terjalin adanya keharmonisan sosial.

Antusiasme peserta memang terlihat ketika acara dimulai. Semua tampak menikmati penyajian narasumber dalam bedah buku tersebut.  Tak dipungkiri jika iringan gelak tawa dan tepuk tangan menjadi bumbu penyemangat peserta dalam mengikuti acara.

Pesan dari Taufiq Maulana, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Gus Tama selaku ketua PW LTN NU Bali, agar budaya literasi yang ada di PKPT UIN Malang dapat diupayakan untuk diinternalisasikan sekaligus bisa dikembangkan di IPNU IPPNU Bali. Sebagai wujud mengenalkan pentingnya kepedulian terhadap literasi di kalangan para pelajar NU di pulau Dewata.

Penulis: Hazin Ma Leo
Foto: PW IPNU Bali
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »