Friday 14th May 2021,

Terinspirasi, Katerine Bule Rusia Spontan Ikuti Pelatihan PGN Bali

Terinspirasi, Katerine Bule Rusia Spontan Ikuti Pelatihan PGN Bali
Share it

ASWAJADEWATA.COM | BADUNG

Pengesahan anggota baru Patriot Garuda Nusantara (PGN) Bali yang dilakukan melalui pelatihan dasar dan diikuti penyematan Baret keanggotaan dilakukan di Pantai Berawa, Canggu kabupaten Badung Minggu (20/12). Sebanyak 50 anggota PGN dari beberapa distrik yang sudah terbentuk di provinsi Bali mengikuti pelatihan itu.

Menariknya, kegiatan pelatihan yang sudah kali keempat dilakukan ini menarik perhatian seorang wisatawan asing yang sedang menikmati suasana pantai Canggu pagi itu.

Melihat serunya kegiatan yang diisi dengan latihan baris berbaris, gerakan dasar beladiri, dan olah ketahanan fisik para peserta membuat Katerine, seorang wanita berkebangsaan Rusia penasaran.  Dia mendatangi coach Roni yang seorang anggota Kopasus Kodam IX Udayana dan meminta izin untuk diperbolehkan ikut bergabung.

Setelah mendapat persetujuan dari Gus Nuril yang hadir langsung dari Semarang guna menyaksikan pelatihan tersebut, akhirnya Katerine diperbolehkan ikut.

Katerine saat mengikuti program latihan dasar keanggotaan PGN Bali di Pantai Canggu, Badung (20/12)

Dengan penuh semangat dan serius, Katerine bergabung dengan peserta lain mengikuti arahan coach Roni hingga akhir. Pemandangan tak biasa itu menjadikan kegiatan tersebut makin menyedot perhatian pengunjung lain di sekitar.

Tiba saat pengesahan anggota yang ditandai dengan pengguyuran air serta penyematan Baret merah ke setiap anggota, Katerine yang kemudian berganti baju terlihat sangat terharu dan tak menyangka akan diperlakukan sama.

Ketika diminta menyampaikan perasaannya setelah pembaretan di depan anggota lain, Katerine dengan terbata-bata mengatakan bahwa dirinya merasa sangat terinspirasi dengan semangat yang ditunjukkan peserta lain.

Katerin menerima pembaretan oleh Ibu Nyai Dina Nuril Arifin

“Saya sungguh berterima kasih atas kehormatan ini, kalian sangat menginspirasi saya. Walau saya tak bisa berbahasa Indonesia, tapi saya merasakan semangat nasionalisme pada diri kalian, dan itu menumbuhkan rasa cinta di hati saya,” ujarnya dalam bahasa Inggris sembari mencium bendera Merah Putih lalu memekikkan kata MERDEKA !…

Gus Nuril dalam arahannya kepada para anggota baru di akhir acara mengatakan bahwa jiwa nasionalisme dapat lahir dimana saja.

“Saya selalu bangga kepada PGN Bali. Hari ini kita bisa lihat bahwa alam semesta sedang bersama kita. Cuaca hujan dan ombak samudera menyambut semangat yang kalian tunjukkan. Bahkan bangsa lain turut merasakan aura kecintaan dan kesetiaan kalian pada ibu pertiwi,” tandasnya.

Penulis/foto: Dadie W. Prasetyoadi
Editor: Abdul Karim Abraham

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »