Saturday 28th November 2020,

GP Ansor Apresiasi Pilkel Serentak di Buleleng Berlangsung Aman

GP Ansor Apresiasi Pilkel Serentak di Buleleng Berlangsung Aman
Share it

ASWAJADEWATA.COM | Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Buleleng, Abdul Karim Abraham mengapresiasi Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak di Buleleng berlangsung lancar dan aman pada Kamis (31/10).

Menurutnya, kesuksesan Pilkel serentak ini tidak bisa dilepaskan dari usaha semua pihak, baik dari pihak penyelenggara maupun peran aktif para tokoh masyarakat serta elemen lainnya.

“terutama pihak aparat keamanan, yang selalu aktif mengantisipasi potensi konflik, dengan tindakan-tindakan preventif” jelasnya.

Kabupaten Buleleng, Karim melanjutkan, dulunya dikenal dengan daerah rawan konflik, terutama yang berkaitan dengan kontestasi politik, baik politik lokal maupun dalam perhelatan politik nasional.

Dalam catatan Karim yang juga pemerhati Politik Kekerasan di Buleleng ini, euforia politik pasca reformasi selalu diwarnai dengan jatuhnya korban di beberapa desa di Buleleng. Misalnya kasus tahun 2003 di desa petandakan, dan beberapa tempat lainnya.

“kini proses demokrasi masyarakat buleleng sudah sedemikian maju, dalam lima tahun kebelakang, tidak ada lagi kerusuhan berlatar politik, semuanya sudah mulai menerima, toh kalau ada indikasi kecurangan, masyarakat sudah menggunakan instrumen penegak hukum dan tidak main hakim sendiri. jelasnya.

Selain itu, Karim yang biasa dipanggil Iboy ini melanjutkan, arus informasi yang terbuka seperti sekarang, merupakan faktor utama masyarakat tidak mudah diprovokasi.

“jadi jika ada informasi yang provokatif, masyarakat bisa kroscek dulu, sehingga tidak mudah untuk memobilisasi massa dalam membuat kerusuhan” terangnya. (*)

 

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »