Saturday 05th December 2020,

Sarasehan Ekonomi MWC NU Gerokgak Tawarkan Peluang Usaha Warga

Sarasehan Ekonomi MWC NU Gerokgak Tawarkan Peluang Usaha Warga
Share it

ASWAJADEWATA.COM – Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Gerokgak Buleleng memandang perlu melakukan penguatan ekonomi untuk kemandirian organisasi. Hal ini terlihat dari kegiatan Sarasehan bertema ekonomi pada Minggu (29/9).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Gedung MWC NU Gerokgak. Dengan menghadirkan praktisi santripreneur asal banyuwangi Ayum Ja’far dan anggota DPRD Kabupaten Buleleng H. Mulyadi Putra sebagai pembicara.

Dalam kesempatan tersebut, Ayum berbagi pengalaman bagaimana ia telah jatuh bangun menjalankan usaha. Kunci untuk memulai usaha, menurutnya adalah dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia berbasis Iman.

“Artinya kalau hanya mengandalkan logika dalam berbisnis maka akan rapuh manakala merugi, jika tidak dilandasi Iman” terangnya.

Begitu juga dalam menjalankannya, menurut Ayum seorang yang beriman akan berusaha untuk menguatkan yang lemah tanpa melemahkan yang kuat.

Dalam konteks organisasi NU, membangun kemandirian ekonomi organisasi harus secara bersamaan. Dengan tujuan penguatan ekonomi Nahdliyin

“Kenapa keuangan  di organisasi NU terasa lemah? Karena masih belum selesai dengan kesejahteraah ekonomi individu pengurusnya” ungkapnya.

Warga Nahdliyin Gerokgak mengikuti Sarasehan Ekonomi Keumatan

Sambil kemudian memberikan tips dan cara membangun ekonomi keumatan, Ayum juga menawarkan untuk membangun jejaring distribusi komoditas lokal. Barang yang ada di gerokgak dipersilahkan untuk dibawa ke banyuwangi untuk dipasarkan dengan jejaring yang ia miliki.

Sementara itu, H. Mulyadi dalam kesempatan tersebut bersedia untuk selalu memjembatani kebutuhan masyarakat terkait proses membuka usaha, salah satunya adalah pengurusan Ijin, termasuk program program latihan kerja untuk meningkatkan keterampilan.

Dalam waktu dekat, Pengurus MWC NU Gerokgak akan melakukan Study Banding ke komunitas usaha yang dikembangkan Ayum Ja’far di Banyuwangi, dengan melibatkan Pengurus NU dan Banom di masing masing ranting.

Reporter/Foto: Abdul Karim Abraham
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »