Tuesday 26th October 2021,

Alumni dan Santri Sidogiri Bali Sampaikan Metode Al Miftah Lil Ulum Sidogiri

Alumni dan Santri Sidogiri Bali Sampaikan Metode Al Miftah Lil Ulum Sidogiri
Share it

ASWAJADEWATA.COM

Harokah Mahasiswa Sidogiri (HMASS) menggelar kegiatan “Koordinasi Lembaga dan Pembinaan Guru” guna menyosialisasikan Metode Al Miftah lil ulum Sidogiri bertempat di PP. Syafa’ah Darussalam Jl. Kalimutu, Denpasar, Minggu (19/9).

Kegiatan yang didukung oleh Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS) wilayah Bali ini dalam rangka membumikan baca kitab kuning dengan metode Al Miftah lil ulum Sidogiri di Nusantara.

Foto: Peserta sosialisasi Metode Al Miftah Lil Ulum Sidogiri (19/9).

Sebanyak 70 pengajar dari 25 lembaga pendidikan menjadi peserta kegiatan tersebut. Mereka berasal dari berbagai daerah di Bali seperti; Jembrana, Buleleng, Gianyar, Denpasar, Badung, dan Kintamani.

Pembelajaran metode tersebut menggunakan lagu-lagu masa kini yang berisi materi pokok dalam Ilmu Alat.

Metode ini dikatakan oleh H. Musleh dalam sambutannya selaku Ketua IASS, menyenangkan. Sehingga dapat mudah diterima oleh segala kalangan usia.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Ustadz Achmad Mulhaq sebagai salah satu alumni Sidogiri yang hadir dalam acara itu, bahwa Metode Al Miftah Lil Ulum Sidogiri ini terdiri dari 4 jilid. Setiap jilidnya memiliki visual berwarna warni yang menjadikan proses belajarnya menarik dan tidak membosankan.

“Jilid 1 dan 2 mengupas tentang Islam, jilid 3 tentang Fiil, dan jilid 4 mengupas tentang lafadz (tarkib) dalam kitab,” paparnya.

Kemudian Ustadz Mulhaq juga menerangkan bahwa terdapat banyak nadzom dalam pelajaran jilid 1-4. Diantaranya Nadzom Ibnu Malik, Nadzom Maksud, Nadzom Imrithi, dan lainnya.

“Selain itu ada satu Sorfiyah yang khusus membahas tentang lafadz,” terangnya.

KH. Sholihan Nur, Pengasuh PP. Syafaah Darussalam Denpasar

Saat acara pembukaan, Pengasuh PP. Syafa’ah Darussalam KH. Sholihan Nur juga turut memberikan sambutan selamat datang kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan itu.

Penulis: Dadie W. Prasetuoadi

 

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »