Friday 07th October 2022,

Bali Bangun PLTS Pasok Kebutuhan Listrik Tol Bali Mandara

Bali Bangun PLTS Pasok Kebutuhan Listrik Tol Bali Mandara
Share it

ASWAJADEWATA.COM | DENPASAR

Menjelang keberadaannya sebagai tempat diadakan event global KTT G20 akhir tahun ini, Bali terus berbenah. Salah satunya dalam pengembangan sumber energi terbarukan yang termasuk isu penting dunia saat ini dan akan dibahas dalam pertemuan 11 negara itu.

Dilansir dari detik.com pada Rabu (21/9), Gubernur Bali I Wayan Koster meresmikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di ruas jalan Tol Bali Mandara.

PLTS ini dibangun oleh PT. Bukit Asam Tbk (PTBA) lewat anak perusahaannya PT. Bukit Investama (BEI) dengan tujuan mendukung operasional PT. Jasa Marga Bali Tol.

Sebanyak 6 titik dengan masing-masing 1 kilometer panel surya dibangun di akses masuk dan keluar jalur motor di 3 gerbang tol.

Menghasilkan kapasitas listrik maksimum 400 kilowat-peak (kWp), fasilitas ini akan menjadi pasokan listrik ramah lingkungan bagi lampu penerangan jalan umum, kantor operasional, dan gerbang tol Bali Mandara.

Gubernur Bali mengatakan bahwa pembangunan PLTS ini sangat tepat dan sesuai dengan visi pemerintah daerah Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali, yang bertujuan mendukung kelestarian lingkungan alam Bali.

sumber berita: detikfinance

foto: @kompas.com

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »