Sunday 26th June 2022,

Festival Budaya PETANESIA; Dari Bali Nusantara Bangkit

Festival Budaya PETANESIA; Dari Bali Nusantara Bangkit
Share it

ASWAJADEWATA.COM | GIANYAR

DPW Pencinta Tanah Air Indonesia (PETANESIA) Prov. Bali menginisiasi gelaran Festival Budaya yang dibuka di Puri Ageng Blahbatuh Gianyar Bali pada Jumat (11/2).

Gelaran perdana ini akan berlangsung hingga tanggal 15 Februari 2022 dengan diisi beragam kegiatan, mulai dari Bazzar UMKM, Pagelaran Seni Budaya, Pameran Otomotive, dll.

Pembukaan Festival Budaya PETANESIA (11/2).

Hadir dalam acara pembukan, Bupati Gianyar yang diwakili oleh Asisten 1 I Ketut Mudana, Keluarga Puri Ageng Blahbatuh, Kapolsek Blahbatuh, Perbekel Blahbatuh, Ketua Desa Adat Blahbatuh, serta perwakilan ormas lain seperti IPMI (Ikatan Pengusaha Muda Indonseia), PUSKOR INDONESIA, Patriot Garuda Nusantara (PGN), Patriot Garda NKRI,  dan segenap pengurus Petanisia.

Do’a pembuka dalam kesempatan itu dipimpin oleh Jro Penjor Wisnaya yang disebut oleh panitia sebagai do’a Pancasila.

Sambutan Petama disampaikan oleh Ketua Pelaksana Andres yang mengatakan, “Berharap acara akan menjadi gelora rasa kecintaan terhadap Indonesia, dengan mengingat dan menghargai para Pahlawan Kemerdekaan agar mewujudkan para pemuda yang mencintai Indonesia. Sesuai pesan Habib Luthfi untuk terus menggelorakan persatuan melalui Budaya”.

Kemudian selanjutnya Ida Penglingsir Tu Aji Alit Kakarsana dari Puri Ageng Gianyar mengatakan bahwa di Puri Ageng Blahbatuh ada topeng Gajah Mada dan 20 topeng lainnya.

“Akan kita jaga untuk terus mencintai Budaya dan Indonesia. Dengan mempersatukan persaudaraan, maka semua hal bisa kita raih,” tegasnya.

Ketua DPW PETANESIA Bali Bima Prasetya saat memberi sambutan menjelaskan, “PETANESIA didirikan oleh Habib Luthfi bin Yahya. Dengan budaya yang kaya ini, diharapkan dapat menjadi penopang pondasi ekonomi kerakyatan menjadi devisa negara nantinya.”

“Dari Bali Nusantara bangkit. Abah Habib Luthfi juga berpesan, jika Festival ini berhasil di Bali maka akan dibawa ke Senayan,” papar Bima yang biasa disapa dengan panggilan Moka ini.

Lalu saat menyampaikan sambutan tertulis Bupati Gianyar, Asisten 1 I Ketut Mudana menyampaikan pesan dari Bupati dengan mengucapkan terimakasih telah memilih Gianyar sebagai tempat pelaksaan acara yang sangat luar biasa ini.

“Penting sekali untuk mengingat kembali persatuan yang sudah dibangun oleh para pendahulu kita, dan saat ini ada yang peduli. Mari kita memulai dari Gianyar,” katanya.

“Dari Puri Ageng Blahbatuh Gianyar ini mari kita terus bersinergi. Terutama bidang UMKM dan menjunjung Budaya,” imbuhnya.

Turut memberi sambutan, Ida Bagus Susena dari PUSKOR Indonesia kembali menekankan bahwa Keragaman & Kebhinnekaan ini harus terus dijaga.

“Pada saat Pandemi, kita membutuhkan vitamin ekonomi. Oleh karena itu acara ini sangat bagus, karena melibatkan UMKM yang ada di Bali. Inilah saatnya rantai-rantai kita satukan untuk memperkuat. Sehingga tidak ada lagi yang bisa menjadi pemecah belah bangsa,” ujarnya.

Penulis: Khalilur Rahman

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »