Thursday 23rd September 2021,

GP Ansor Bali Hadirkan KH Yahya Cholil Staquf Berbicara Tentang Perdamaian, Negara dan Bangsa

GP Ansor Bali Hadirkan KH Yahya Cholil Staquf Berbicara Tentang Perdamaian, Negara dan Bangsa
Share it

ASWAJADEWATA.COM –  Memperingati Harlah GP Ansor ke-85, PW GP Ansor Bali mengadakan kegiatan “Ngaji Kebangsaan” yang diselenggarakan di gedung PWNU Bali Senin malam (18/3).

Kali ini PW GP Ansor Bali menghadirkan Katib Aam PBNU yang sekaligus juga salah seorang Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden) KH. Yahya Cholil Staquf atau akrab dipanggil Gus Yahya.

Kyai yang sempat viral dengan kedatangannya ke Israel, dan berbicara tentang perdamaian serta konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung selama 70 tahun itu di depan forum American Jewish Commitee (AJC) berkenan hadir ke gedung PWNU Bali ditengah kesibukannya mengikuti sebuah event internasional di Nusa Dua Bali.

H. Yunus sebagai Ketua PW GP Ansor Bali dalam sambutannya mengatakan bahwa sampai saat ini masih saja ada beberapa pihak yang mempermasalahkan tentang konsensus kebangsaan yang sudah final ini.

“Dalam kesempatan ini kami mohon arahan dari Gus Yahya bagaimana kita menyikapi hal tersebut dalam perspektif  kebangsaan yang dianut oleh Nahdlatul ulama.” Lanjut H. Yunus.

Sementara DirIntelkam Polda Bali Kombes Wahyu Suyitno saat memberikan sambutan mengatakan, “Saya bersyukur akhirnya dapat bertemu langsung dan mengaji bersama pak Kyai Yahya Cholil Staquf, dimana sebelumnya hanya melihat beliau di televisi.”

“mengingat kondisi eskalasi politik yang semakin meningkat jelang Pilpres ini, kami berharap bimbingan dari Wantimpres bagaimana menghindari benturan-benturan yang mungkin akan terjadi di masyarakat, khususnya di Bali ini”. Tambahnya.

Selama sekitar satu jam Gus yahya memberikan pandangannya kepada hadirin yang dalam intinya menjelaskan bahwa NU saat ini sedang menghadapi ujian besar dalam usaha merawat dan menjaga NKRI.

“Menjadi pengurus NU itu bukan mengendalikan NU, jangan pernah berpikir untuk memperbaiki NU, apalagi untuk menyelamatkan NU. kayak dia sudah pasti selamat aja”, ujarnya.

Gus Yahya mengakhiri ceramahnya dengan mengatakan, “Mari bersama-sama kita bawa NU agar dapat menjadi penggerak perdamaian dan agar dapat bermanfaat lebih luas lagi tidak saja hanya di Indonesia, namun juga untuk dunia.

Acara yang dihadiri oleh sebagian besar Pengurus Wilayah dan Cabang GP Ansor Bali ini juga dihadiri Rais Syuriah PWNU Bali KH. Noor Hadi Al Hafidz beserta jajaran Tanfidhiyyah dan Mustasyar, serta para pengurus Banom dan Lembaga lainnya seperti Muslimat, Fatayat, IPNU, NUCare-Lazisnu, LTNNU.

(dad)

 

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »