Thursday 24th June 2021,

Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, LPLH-SDA MUI Bali Mengadakan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci dari Minyak Jelantah

Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, LPLH-SDA MUI Bali Mengadakan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci dari Minyak Jelantah
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, tim dari Lembaga Pemulihan Lingkungan Hidup-Sumber Daya Alam (LPLH-SDA) Majelis Ulama Indonesia Prov. Bali mengadakan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Dari Minyak Jelantah (minyak goreng bekas pakai). Kegiatan ini diadakan di Kantor Majelis Ulama Provinsi Bali pada hari Sabtu pagi (5/7).

Peserta pelatihan LPLH SDA MUI Bali berfoto bersama.

Pelatihan tersebut dimaksudkan agar dapat mengurangi limbah minyak jelantah yang bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri Patogen dan tempat berkumpul bahan kimia organik yang bersifat toksik (racun). Selain itu pembuatan sabun cuci dengan memanfaatkan minyak jelantah cukup mudah menggunakan bahan-bahan dengan harga murah dan gampang diperoleh di pasaran.

H. Adrid Indaryanto selaku Sekretaris LPLH SDA MUI Bali dalam keterangan tertulis mengatakan bahwa LPLH SDA MUI Bali terus berupaya untuk peduli lingkungan dan penyelamatan Bumi dengan upaya memelihara Lingkungan (Hifs Al Biah).

Menurutnya, “Bumi ini adalah Amanah untuk Kita yang akan diwariskan pada anak cucu kita nantinya. Mari kita ambil bagian dalam memelihara Lingkungan”.

“Salah satu kegiatan nyata dengan melalui pelatihan pelatihan di bidang Lingkungan, agar dapat melayani umat dan masyarakat luas,” terangnya

Dr. Hj. Irdhawati, S.Si, M.Si sebagai narasumber sekaligus mentor dalam pelatihan.

Sebanyak 35 orang peserta yang hadir dalam pelatihan ini dengan narasumber Dr. Hj. Irdhawati, S.Si, M.Si. yang juga adalah Dosen MIPA Universitas Udayana. Terdiri dari para pengurus & anggota LPLH SDA, MUI Prov. Bali, ibu-ibu Majelis Taklim (MT) Muslimah Baitul Mukminin BKDI, Panjer, MT Baitul Izah, Dalung Permai, Dosen ISTNUBA, Pengurus LBP Aisyiyah dan para pegiat Lingkungan lainnya.

Penulis: Dadie W. Prasetyoadi

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »