Wednesday 21st April 2021,

Kenalkan Literasi pada Anak, TK Mutiara Bunda Undang Redaktur Aswaja Dewata

Kenalkan Literasi pada Anak, TK Mutiara Bunda Undang Redaktur Aswaja Dewata
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Jum’at (6/3) kemarin, TK Mutiara Bunda Denpasar mendatangkan seorang Jurnalis dari Aswaja Dewata untuk mengenalkan literasi khususnya tentang koran.

Kegiatan ini adalah sebagai bentuk implementasi dari tema materi TK yang telah disusun yaitu tentang alat komunikasi.

Adapun yang diminta sebagai narasumber adalah Muhammad Muhlisin, yang saat ini bagian dari jurnalis dan editor Aswajadewata.com.

Bagi Muhlisin sendiri, kegiatan ini merupakan hal yang sangat positif mengingat koran saat ini telah banyak ditinggalkan terutama bagi kaum muda.

“Koran merupakan salah satu alat komunikasi yang jarang dikenalkan pada anak. Dan saat ini pula koran mulai banyak ditinggalkan lantaran media online lebih mudah diakses daripada cetak,” paparnya.

Bagi Muhlisin, menyampaikan materi tentang koran kepada anak-anak TK merupakan tantangan tersendiri karena dunia TK tentunya sangat berbeda dengan anak SMA atau Mahasiswa yang biasa dia hadapi.

“Untuk anak-anak TK saya lebih menekankan pada pengenalan saja, kemudian menjelaskan manfaat dan sedikit tentang cara pembuatan. Itu semua kita kemas dalam video agar lebih menarik,” tambahnya.

Menurut Muhlisin, sejauh ini yang anak-anak TK tahu kegunaan koran adalah untuk membuat “ogoh-ogoh”, layang-layang dan sebagainya. Padahal koran sendiri merupakan media informasi dan pengetahuan juga sebagai sarana latihan agar suka membaca.

“Orientasinya masih tentang mainan. Yang mereka tahu adalah penggunan koran bekas yaitu untuk membuat Ogoh-ogoh, layang-layang dan sebagainya. Untuk itulah perlunya dikenalkan koran pada usia dini,” pungkas Muhlisin.

Untuk materi sendiri diberikan alokasi waktu 30 menit untuk setiap sesi. Dalam acara tersebut terdapat dua sesi yaitu sesi untuk kelas A dan B. Agar siswa-siswi TK tidak bosan, Muhlisin memutarkan lagu koran pagi sebagai hiburan.

TK Mutiara Bunda merupakan salah satu sekolah yang aktif memberikan kegiatan positif bagi siswa-siswinya. sekolah ini beralamat di Jalan Pulau Bungin Gg. Perbatasan No. 9A, Pemogan, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali.

Selain memberikan teori di dalam kelas, TK Mutiara Bunda juga sering mengajak siswa-siswinya belajar outdoor dengan mengunjungi tempat-tempat tertentu sesuai tema atau mendatangkan pemateri khusus seperti saat ini.

Penulis: Wandi Abdullah 
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »