Friday 27th May 2022,

Mekanisme Pengambilan Keputusan Hukum Islam dalam NU

Mekanisme Pengambilan Keputusan Hukum Islam dalam NU
Share it

ASWAJADEWATA.COM 

Disela-sela acara konsinyering materi Muktamar NU ke 34 di Jakarta 10-12 Desember 2021, teman-teman NU Online meminta saya menjelaskan ke publik tentang Mekanisme Pengambilan Keputusan Hukum Islam dalam NU

Maka saya menjelaskan mulai dari hasil keputusan Munas NU di Bandar Lampung tahun 1992 tentang Mekanisme Pengambilan Keputusan Hukum Islam yang dibuat oleh para kiai NU generasi KH MA Sahal Mahfudz, KH Maimun Zubair, KH Ma’ruf Amin.

Lalu saya menjelaskan syarah para kiai NU atas keputusan Munas Alim Ulama NU di Bandar Lampung tersebut. Syarah itu dibuat dan diputuskan secara periodik melalui forum-forum Bahtsul Masail NU oleh para kiai NU generasi Almukarram KH Afifuddin Muhajir

Muktamar NU Jombang 2015 memutuskan tentang Mekanisme Istinbath Jama’i, Munas Alim Ulama NU di NTB tahun 2017 memutuskan tentang Mekanisme Taqrir dan Ilhaq Jama’i, dan Munas Alim Ulama NU di Jakarta November 2021 memutuskan tentang Mekanisme Istinbath Maqashidi atau Istinbath Istishlahi.

Saya yang ikut mendampingi proses pembuatan syarah atas keputusan Munas Lampung selama enam terakhir ini merasa senang dan lega.

Senang karena NU sudah meletakkan fondasi metodologis tentang prosedur pengambilan keputusan hukum Islam dalam NU. Tugas generasi NU belakangan adalah menggunakan perangkat metodologis itu dalam merespons soal-soal fikih kontemporer.

Lega karena “matan” yang dibuat generasi Kiai Sahal Mahfudz itu telah tuntas dielaborasi oleh generasi Kiai Afifuddin Muhajir. Jika “matan”nya hanya lima halaman, maka syarahnya sudah mencapai 60-an halaman.

Proses pembuatan syarah tersebut tak selalu mulus. Kadang kita terlibat dalam debat-debat panjang bermutu tinggi, menyertakan banyak orang alim.

Namun, ‘ala kulli hal, alhamdulillah, matan yang dibuat tahun 1992 sudah selesai diberi syarah secara sempurna 29 tahun kemudian, 2021.

Semoga keputusan yang dibuat para kiai NU itu berguna dan bermanfaat buat umat dan ilmu pengetahuan Islam.

Ahad, 12 Desember 2021

Salam,

Oleh: KH. Abdul Moqsith Ghazali

Ketua Komisi Bahtsul Masail Maudhuiyyah Muktamar NU ke 34 di Lampung, 23-25 Desember 2021

 

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »