Sunday 26th June 2022,

MUI Bali Lakukan Giat Ramadhan 1443 H di Seluruh Kabupaten/Kota

MUI Bali Lakukan Giat Ramadhan 1443 H di Seluruh Kabupaten/Kota
Share it

ASWAJADEWATA.COM | BANGLI

Bulan suci Ramadhan 1443 H dimanfatkan pula oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) provinsi Bali sebagai ajang silaturahmi dan koordinasi dengan MUI se kabupaten Bali.

Agenda safari bertajuk Giat Ramadhan 1443H MUI Prov. Bali ini selain silaturrahmi dengan pengurus di daerah, juga diisi dengan diskusi terkait dinamika keumatan di tiap kabupaten.

Dari 9 kabupaten/kota di Bali, Bangli menjadi kabupaten pertama yang dikunjungi MUI Bali pada Sabtu (9/4) bertempat di Masjid Agung Kota Bangli.

Rombongan pengurus MUI Provinsi Bali sebanyak 7 orang diterima oleh Ketua MUI Kab. Bangli H. Gufron dan Sekretaris Dewan DPRD Bangli H. Nasrudin, bersama para tokoh Muslim di Bangli.

Dalam kesempatan tersebut Ketua MUI Bali H. Ekky Rezal, SE. membacakan sambutan tertulis Ketua Umum MUI Prov. Bali KH. Drs. Mahrusun, MPdI.

Selain menyampaikan permohonan maaf dari Ketua Umum yang berhalangan hadir, H. Ekky juga menyampaikan arahan Ketua Umum terkait masalah terkini keumatan di Bali, masalah keorganisasian, dan pembinaan ormas Islam serta partisipasi umat dalam politik.

Setelah sambutan-sambutan, kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi tentang berbagai hal keumatan di Bangli., diantaranya; Pertama, tentang lahan kuburan di Bangli yang sangat cukup dan baik tersedia untuk masyarakat Muslim Bangli.

Kedua, tentang Sekolah Islam yang saat ini membutuhkan investor untuk pembangunan sekolah dan pengadaan tenaga guru.

Ketiga, terkait pula kebutuhan akan musholla / masjid di area gunung Batur/kaldera, serta 1 musholla di rumah sakit RSUD Bangli.

Dengan jumlah penduduk Muslim sebanyak 2300 jiwa, selama ini hubungan yang terjalin antara Umat Muslim dengan masyarakat non muslim diketahui berjalan cukup baik.

Selain hal diatas, diskusi juga membahas tentang sertifikat Halal yang telah diurus oleh beberapa tempat usaha di Bangli, dan pariwisata di daerah Kintamani yang sedang naik daun saat ini.

Kemudian di akhir acara, MUI Bangli menyatakan siap membentuk Gugus tugas Lembaga Pemuliaan Lingkungan hidup (LPLH-SDA) perwakilan Bangli.

Sumber: MUI Prov. Bali

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »