Friday 14th May 2021,

Musda VII MUI Gianyar; MUI Adalah Mitra Kerja Pemerintah

Musda VII MUI Gianyar; MUI Adalah Mitra Kerja Pemerintah
Share it

ASWAJADEWATA.COM | GIANYAR

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gianyar menyelenggarakan Musyawarah Daerah VII atas berakhirnya masa jabatan periode 2015 – 2020. Ahad 17 Januari 2020.

Bertempat di Masjid Agung Al-A’la Kabupaten Gianyar, acara ini mengangkat tema “Meningkatkan Peran Keumatan dan Kebangsaan MUI Dalam Bingkai Dakwah Wasathiyah Menuju Masyarakat Gianyar yang AMAN sesuai Pancasila dan UUD 1945”

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan Pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Muhammad Basyirun. Kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh hadirin.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia, H. Ibnu Atho’illah,ST,MT. menyampaikan rasa terima kasih kepada segenap pihak yang telah mendukung suksesnya acara. Serta harapan agar acara ini dapat membentuk kepengurusan MUI yang baru, yakni masa Khidmat 2020 – 2025.

Khotbah Iftitah Ketua Umum MUI Kabupaten Gianyar, Kyai Muhammad Hasyim Asy’ari menyampaikan orientasi program MUI seperti “Irsyadiyah” merupakan wadah perhidmatan untuk memberi arahan untuk manusia pada kebaikan dan amar makruf nahi munkar.

“Ta’awuniyah” merupakan wadah perhidmatan dalam hal tolong menolong khususnya membela kaum dhuafa. Dan menekankan peran MUI sebagai “warosatul ambiya” atau penerus risalah Nabi Muhammad SAW,  pelayan umat dalam memenuhi aspirasi masyarakat, tutupnya

MUI adalah mitra kerja pemerintah. Baik dari tingkat atas hingga tingkat bawah. Dan selayaknya MUI dapat memberi kontribusi khususnya dalam pencegahan Covid 19. Baik dengan 3 M dan vaksinasi. Minimal dapat memberi pembinaan di kalangan umat Islam. Ungkap Sekretaris MUI Provinsi Bali H. M. Dasir mewakili sambutan Ketua DPW MUI.

Sambutan Bupati Gianyar yang diwakili oleh Plt. Asisten Pemerintahan Setda Kab. Gianyar Dr. Wayan Mudana. Beliau menyampaikan apresiasi dari Bapak Bupati terkait tema MUI Gianyar. Serta diharapkan MUI dapat memberi kontribusi pada masyarakat Gianyar khususnya. Dan dilanjutkan dengan pemukulan bedug sebagai tanda dibukanya MUSDA.

Pemukulan Bedug oleh Plt. Asisten Pemerintahan Setda Kab. Gianyar Dr. Wayan Mudana

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Kepala Seksi Bimas Islam, Dr.H. Masruhan,M.Si. Dan dilanjutkan dengan rangkaian pemilihan. Adapun terpilih kembali A.M. Mulyono sebagai Dewan Pertimbangan dan Kyai Hasyim Asy’ari sebagai Ketua MUI Gianyar.

Kegiatan ini juga dihadiri Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Gianyar , Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Gianyar, PC Muslimat NU Kabupaten Gianyar, Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyyah Gianyar , PD Aisyiah Gianyar, LDII Kabupaten Gianyar, Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Gianyar.

Penulis: Agus Surya
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »