Tuesday 03rd August 2021,

Pelantikan Pengurus Baru, DPD DAG Bali Ajak Bersama Cegah Gerakan Proxy

Pelantikan Pengurus Baru, DPD DAG Bali Ajak Bersama Cegah Gerakan Proxy
Share it

ASWAJADEWATA.COM | DENPASAR

Pelantikan Pengurus DPD Demi Anak Generasi (DAG) Bali yang baru diadakan di Warung Bencingah Denpasar pada Rabu sore, (16/12).

Selain mengundang pimpinan dari beberapa ormas kebangsaan di Bali seperti PGN Bali, FPNKRI, INTI Bali, PITI Bali, LEMKARI, Komunitas Budaya Nuswantoro, Pertiwi, Pospera, WBA, Keris Bali, CAMPZ, dan lainnya, acara tersebut juga dihadiri oleh DPD DAG Yogyakarta.

Ormas kebangsaan lintas agama hadiri pelantikan pengurus baru DPD DAG Bali

Dalam laporannya, ketua panitia Nata Kusuma menyampaikan bahwa Pelantikan DPD Bali ini dilakukan menyusul pelantikan DPD Yogyakarta sebelumnya pada 13 Desember lalu.

Sedangkan Heri Lesmana Ketua Umum DPP DAG saat memberi sambutan pembukaan berharap bahwa dengan adanya DAG, bisa ikut memperkuat gerakan moral bangsa dan terus bekerjasama dengan organisasi lain dalam kebaikan yang sudah terjalin selama ini.

“Kita dapat bersama berbuat kebaikan di masyarakat, bersinergi dengan ormas lain, sebab saat ini banyak proxy (propagandis) di Indonesia, jika kita tak bersatu bisa jadi Indonesia seperti negara Suriah,” ungkapnya.

“Bersama-sama kita berikrar untuk bersatu dalam Pancasila dengan tujuan sama sehingga bangsa kita bisa menjadi bangsa yang maju,” ajaknya kepada semua yang hadir.

Menurutnya, proxy-proxy ini yang sekarang menghambat kemajuan itu. dengan berusaha memecah belah kita agar bisa merampas sumber daya yang melimpah di negara ini.

Sementara Jemima selaku penasehat DAG Bali mengatakan bahwa dalam sebuah organisasi hendaknya bisa menjadi sarana bertukar informasi dan menyalurkan aspirasi.

“Intinya mewujudkan kepedulian sesama dan kecintaan kepada tanah air, tidak hanya sekedar teori, khususnya dalam kegiatan-kegiatan sosial dan kebangsaan,” ujarnya.

“DAG walau tidak berpolitik praktis namun menegaskan bahwa mendukung pemerintah sah sesuai konstitusi,” tambah Jemima yang juga penulis di situs seword.com.

Dirinya sebagai salah satu penasehat menekankan, agar pengurus jangan bosan untuk selalu diingatkan agar saling menghargai, saling respek, dan saling menjaga, serta senantiasa menunjukkan jati dirinya sebagai organisasi yg bermanfaat bagi sesama.

Kemudian acara tersebut diteruskan dengan pelantikan pengurus baru periode 2020-2024, yang dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP DAG Heri Lesmana, sekaligus membacakan Surat Keputusan (SK) dari DPP DAG. Dalam SK tersebut disebutkan bahwa Aryana Tan diangkat sebagai Ketua DPD DAG Bali yang baru.

Setelah dilantik, Aryana Tan membacakan pernyataan Sumpah DAG yang diikuti oleh pengurus lain secara bersama-sama. Isi pernyataan tersebut antara lain; tentang menjunjung tinggi pancasila, menjaga keutuhan NKRI, mendukung program kebijakan pemerintah yang pro rakyat, membina insan Indonesia dengan wawasan Nusantara, dan membangun empati antar sesama anak bangsa.

Setelah pernyataan sumpah pengurus, prosesi pelantikan pengurus DPD DAG Bali sore itu dilanjutkan dengan menyanyikan bersama lagu Padamu Negeri oleh seluruh undangan yang hadir.

Aryana Tan, Ketua DPD DAG Bali

Dalam sambutan sebagai ketua baru terpilih, Aryana Tan mengatakan bahwa DAG adalah relawan nasionalis. Maka sebagai organisasi kebangsaan yang paling muda diantara organisasi yang diundang hadir sore itu, dirinya mohon untuk selalu dibimbing dan diikutsertakan dalam setiap kegiatan bersama.

Setelah sesi orasi secara bergantian dari wakil organisasi yang diundang, acara pelantikan ini ditutup dengan doa bersama dari perwakilan agama Islam, Kristen, Hindu, dan Budha dari lintas organisasi disertai pemotongan tumpeng sebagai tanda mulai aktifnya kepengurusan DPD DAG Bali baru tersebut.

Penulis: Dadie W. Prasetyoadi

 

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »