Friday 20th May 2022,

Perhatikan Minyak Jelantah kita

Dadie W Prasetyoadi November 21, 2021 perspektif No Comments on Perhatikan Minyak Jelantah kita
Perhatikan Minyak Jelantah kita
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Upaya menyelamatkan lingkungan terus berjalan, khususnya upaya peduli lingkungan dan kesehatan umat dari bahaya Minyak Jelantah (Mijel).

Pagi ini Ahad (21/11) Ustadz Marsan selaku Imam sholat tetap di Musholla Baitul Mukminin BKDI Panjer, telah memberikan contoh dan mengajak umat untuk terus menyelamatkan lingkungan dari dampak buruk Mijel yang dibuang sembarangan.

Foto: Ustadz Marsan

 

Dampak buruk tersebut antara lain dapat merusak tekstur tanah, mencemari selokan, sungai maupun lautan. Hal lain juga bila dijual kepada “oknum tertentu”, meskipun dengan harga tinggi dengan tujuan di buat minyak goreng lagi, akan membahayakan kesehatan tubuh manusia. Dapat menimbulkan berbagai penyakit sampai dengan timbulnya kanker.

Namun bila Mijel diserahkan kepada pihak (lembaga) yang resmi, akan dikelola menjadi sesuatu yang lebih bernilai seperti bahan Biodiesel, Lilin dan Sabun Cuci. Bila ada Majelis Taklim dan kelompok pengajian yang memerlukan pelatihan dan pengelolaan Mijel dapat menghubungi Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LPLH-SDA), MUI Provinsi Bali, jl. Pulau Menjangan 28, Denpasar.

“Harapan Kami agar semua Masjid dan Musholla se Bali dapat melaksanakan program ini, juga dapat menjelaskan bahayanya Mijel dan juga manfaat nya untuk menjadi Shodaqoh Mijel dari Umat” ujar Bambang Haryono, Ketua bidang Pengembangan, LPLH-SDA, MUI Provinsi Bali.

Musholla Baitul Mukminin BKDI Panjer, Denpasar yang dipimpin oleh H. Mardi Soemitro dapat menjadi salah satu contoh terbaik sebagai Musholla / Masjid yang peduli terhadap ekonomi umat. Mengusung tema Ecomasjid dan smart Masjid.

Aktifitas Masjid dan Musholla hendaknya perlu didukung untuk ikut serta dalam Sustainable Development Goals (SDGs) yang akan berdampak positif bagi Umat dan Masyarakat luas hingga global.

Penulis: Adrid Indaryanto

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »