Friday 12th July 2024,

Puncak Haul Solo ke -112 Digelar Selama Dua Hari

Puncak Haul Solo ke -112 Digelar Selama Dua Hari
Share it

ASWAJADEWATA.COM | SURAKARTA

Haul Solo yang digelar setiap Rabiul Akhir digelar di Masjid Riyadh Solo mulai Rabu-Minggu, 1-5 November 2023. Tahun ini, Haul Solo merupakan kegiatan yang digelar ke-112.

Salah satu keluarga dari Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi, Abdullah mengatakan dari hari pertama Haul Solo, sudah banyak pengunjung yang berdatangan.

“Dari kemarin kita rauhah bersama, sudah banyak sekali, di samping orang yang hadir, artinya haul ini bukan hanya milik keluarga, tapi milik masyarakat Solo dan semuanya. Karena yang datang bukan hanya orang Solo, bukan cuma orang Indonesia,” kata Abdullah kepada wartawan.

Dirinya yakin acara puncak Haul Solo itu bakal dihadiri banyak pengunjung. Bahkan pengunjung dari luar negeri.

“Bahkan tamu-tamu luar negeri banyak yang datang, dari Saudi, Malaysia, Brunei, ada informasi perwakilan Turki mau datang, Belanda, Perancis, Eropa juga ada. Dari keluarga kita yang dari Yaman juga ada,” terangnya.

Dengan adanya Haul Solo, silaturahmi antar habib, ulama, dan kiai bisa terjalin dengan baik. Ia memperkirakan jumlah pengunjung Haul Solo tahun ini akan semakin meningkat.

“Kita tidak pernah menghitung. tapi yang jelas tiap tahun tambah, perkiraan di atas 100.000. Walaupun nanti ada yang di jalan, mereka bisa lihat melalui live streaming,” tutur Abdullah.

Untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung, pihaknya pun telah menyiapkan LCD yang nantinya akan disebar di sekitar Masjid Riyadh.

“Kita semaksimal mungkin memperbaiki kinerja kita supaya mereka yang dateng bisa lihat lah, nanti kita persiapkan LCD itu. Nanti ada relay voice supaya nggak cuma lihat live streaming, tapi bisa lihat acaranya secara langsung,” imbuhnya.

Untuk live streaming nantinya bisa dilihat melalui platform TikTok, Facebook, dan Instagram. Tak hanya LCD, sebanyak 40 tempat sampah pun akan disediakan untuk mengantisipasi sampah-sampah yang ada.

Acara haul Solo telah resmi dibuka dari Rabu dan akan berakhir Sabtu. Dari tanggal 1 November Acara Rauhah dipimpin oleh Habib Hasan Anis bin Alwi bin Ali Muh Husein al Habsyi dan didampingi Habib Ahmad bin Muhammad al Habsyi membahas Sirah Nabawiyah.
Hari kedua, Kamis Acara Rauhah sore yang dihadiri Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf itu mengupas Kitab Ihya Ulimiddin.
Dalam siaran Maulud dan Haul juga digelar di Seiwun Hadramaut. Khatam Rauhah sendiri digelar Jumat.

Acara hari ketiga terbilang istimewa karena dihadiri Habib Zein al Habsyi (Tarim) , Sayid Syef al Jilani dan lainnya.

Acara  pembacaan kalam salaf Habib Ali bin Muh Husein al Habsyi ini diterjemahkan bergiliran oleh Habib Ahmad bin Muhammad al Habsyi, Habib Ahmad bin Novel bin Salim Ahmad  Jindan  (Ciledug , Tangerang) serta Habib Soleh Al Jufri (Karanganyar).

Khatam Rauhah hari Jum’at 3 November 2023 ini banyak sekali Habaib dari berbagai daerah bahkan penjuru dunia hadir. Tampak Habib Taufiq bin Abdul Qadir Assegaf mendampingi Habib Hasan Anis al Habsyi. Sementara Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf di tengah jamaah. Habib Jindan bin Novel, Habib Hud bin Bagir Al Athas, Habib Hamid bin Abdullah Al Kaff.

Acara malam direncanakan dengan pembacaan manakib dan Sabtu Pagi ada maulid Subuh dari pukul 04.30 WIB.

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammad wa ‘alaa ali sayyidinaa Muhammad..

Penulis: Aji Setiawan

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »