Friday 14th May 2021,

Rawat Keharmonisan Warga, Banser Celukan Bawang Ikut Kawal Melasti Jelang Hari Raya Nyepi

Rawat Keharmonisan Warga, Banser Celukan Bawang Ikut Kawal Melasti Jelang Hari Raya Nyepi
Share it

ASWAJADEWATA.COM | BULELENG

Wujud toleransi antar umat beragama ditunjukkan oleh warga Desa Adat Celukanbawang, tepatnya di Pura Segara yang berada dalam wilayah Banjar Dinas Brongbong, Desa Celukanbawang Kec. Gerokgak Kab. Buleleng pada hari Sabtu (12/3).

Menariknya dalam kegiatan yang melibatkan para perangkat desa tersebut, terlihat Anggota Banser dari PAC GP Ansor Celukan bawang turut mengawal kegiatan Melasti yang dilakukan warga Hindu disana dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1943 yang akan jatuh pada hari Minggu, 14 Maret 2021.

Upacara Melasti adalah ritual yang dilakukan umat hindu sebelum menjalani Penyepian Tapa Brata jelang tahun baru Caka. Biasanya dilakukakan dengan berjalan kaki ke pantai terdekat.

Turut dalam Kegiatan pengamanan ini Babinsa Celukanbawang Serma Nyoman Sarka, Bhabinkamtibmas Celukanbawang Bripka I Gusti Made Suarjana.

Dansatkorkel 14 D  Banser Desa Celukanbawang Sahabat Fiki Nurvianto mengatakan upacara itu melibatkan sekitar 50 orang pemedek (warga yang ikut upacara).

“Bersama Ketua Pacalang Desa Adat Celukanbawang Putu Diang Pastika dan 15 orang anggota melaksanakan Pengamanan Melasti Desa Adat Celukanbawang,” katanya.

Beberapa pemuka agama yang melaksanakan upacara Melasti pagi itu diantaranya; Kelian Desa Adat Celukanbawang beserta Manggala, Jero Mangku Kahyangan Tiga dan Sarati Banten Desa Adat Celukanbawang.

Penulis: Dadie W. Prasetyoadi

Sumber: aswajabuleleng.or.id

 

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »