Saturday 21st May 2022,

Review Film “PUTU”, Habib Husein Ja’far; Film Ini Mengingatkan Saya Pada QS. Al Mumtahanah Ayat 8

Review Film “PUTU”, Habib Husein Ja’far; Film Ini Mengingatkan Saya Pada QS. Al Mumtahanah Ayat 8
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Tanggapan datang dari berbagai kalangan setelah film “PUTU, Berbeda Tetap Keluarga” produksi Aswaja Dewata diluncurkan pada 1 April 2022 lalu oleh Wahid Foundation di Djakarta Theater.

Acara tersebut  merupakan Gala Premier 10 film pendek bertema perdamaian karya konten kreator milenial yang terpilih. Program bertajuk Salam Forum ini dihelat sebagai gerakan kampanye perdamaian yang memang menjadi concern dari Wahid Foundation yang mendapat dukungan penuh dari UNDP Indonesia dan Google Indonesia.

Salah satunya adalah Habib Husein Ja’far Al Hadar, Da’i milenial yang kerap menyampaikan buah pikiran dakwahnya di media sosial.

Dilansir dari tayangan pada akun Jedanulis di Youtube miliknya, Habib Husein mengatakan bahwa film “PUTU” yang berdurasi 6.55 menit ini sarat pesan Al Qur’an. Khususnya terkait tentang hubungan antar umat beragama.

“Film ini menceritakan tentang kehidupan keseharian sepasang suami istri muslim yang memiliki seorang ibu beragama Hindu,” terang Habib Husein.

Dirinya menjelaskan bagaimana relasi antara anak, menantu dan sang Ibu tetap terjaga dengan baik walau mereka berbeda keyakinan.

“Diperlihatkan dimana sang Ibu menyiapkan mukenah saat anaknya hendak sholat. Sementara anak dan menantunya menemaninya menyiapkan hari raya Galungan,” ujarnya.

“Nah, kalau saya sih ini mengingatkan saya pada surat dalam Al Qur’an, Al Mumtahanah ayat ke-8,” lanjut Habib Husein.

Menurutnya, “Dalam surat itu Allah tidak melarang kamu wahai umat Islam untuk berbuat baik, kepada non muslim siapapun mereka, yang mereka tidak memerangimu,”

“Film ini seolah-olah gambaran dari surat Al Mumtahanah ayat ke-8. Meskipun berbeda agama, tapi kita tetap harus saling menghormati dan saling membantu di hal-hal yang memang kita bisa lakukan bersama, seperti yang selama ini kita lakukan untuk kebaikan bangsa ini,” ujarnya.

Penulis: Dadie W. Prasetyoadi

 

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »