Saturday 31st July 2021,

Salam Forum 2021, Menag; Maksimalkan media digital untuk Kampanyekan Pesan Agama yang Moderat, Inklusif, Toleran, dan damai

Salam Forum 2021, Menag; Maksimalkan media digital untuk Kampanyekan Pesan Agama yang Moderat, Inklusif, Toleran, dan damai
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Webinar “Salam Forum” atau Forum untuk Perdamaian mempertemukan para cendekiawan Islam terkemuka, komunitas media Islam, dan perwakilan dari Google serta UNDP yang bekerja untuk mempromosikan toleransi dan perdamaian di Indonesia digelar secara daring dan disiarkan langsung via youtube channel @wahidfoundation pada Sabtu (1/5).

Terbagi dalam dua sesi, webinar ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bimbingan bagi konten kreator untuk menyebarkan konten Islam damai di dunia digital oleh Google.

Menteri Agama Republik Indonesia H. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Keynote Speaker di sesi pertama mengajak agar nilai-nilai agama moderat dan damai dalam masyarakat Indonesia yang majemuk dan beragam harus dijunjung tinggi.

“Kami berupaya untuk mempertahankan keragaman multikultural Indonesia yang kaya, kami harus menjaga perspektif kami dalam mendorong rasa hormat, toleransi, dan penerimaan terhadap perbedaan. Nilai-nilai agama moderat dan damai dalam masyarakat Indonesia yang majemuk dan beragama harus dijunjung tinggi, dan saya berharap acara ini dapat menjadi katalisator konten yang lebih positif yang mendukung tujuan bersama untuk membangun masyarakat yang toleran,” ujar Gus Yaqut sapaan akrabnya.

Gus Yaqut juga menekankan agar para generasi muda muslim perlu memaksimalkan media digital untuk mengkampanyekan pesan-pesan agama yang moderat. Karena menurutnya Pertarungan dan perebutan wacana keislaman, masing-masing (kelompok) menuliskan konten untuk meneguhkan basis ideologi tertentu, yang ingin dikembangkan di tengah-tengah masyarakat. Pada satu sisi hal ini bisa dianggap sebagai sebuah tantangan, tapi disi yang lain dengan kacamata yang berbeda, ini juga merupakan sebuah peluang.

Oleh karena itu, para generasi muda muslim dan pemuka agama Islam perlu speak up, perlu bicara dengan memaksimalkan media digital untuk mengkampanyekan pesan-pesan agama yang moderat, inklusif, toleran, dan damai,” ucap Gus Yaqut.

Acara yang diselenggarakan oleh Wahid Foundation ini bertujuan memajukan masyarakat multikultural yang toleran di Indonesia. Sebelumnya Founder Wahid Foundation Yenny Wahid dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan “Salam Forum” ini merupakan kampanye baru yang inovatif untuk mengajak khalayak lebih luas untuk mencegah penyebaran konten kebencian dan intoleransi di dunia online. (*)

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »