Tuesday 26th January 2021,

Shalat Jum’at, Musholla Al Qomar Semprotkan Desinfektan dan Lakukan Qunut Nazilah

Shalat Jum’at, Musholla Al Qomar Semprotkan Desinfektan dan Lakukan Qunut Nazilah
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Di tengah-tengah menyebarnya COVID-19 dan dikeluarkannya edaran fatwa MUI tentang pelarangan shalat jum’at bagi daerah yang diduga kuat telah menjangkit, Musholla Al-Qomar Pura Demak, Denpasar tetap menunaikan ibadah Shalat Jum’at (20/3).

Pelaksanaan shalat Jum’at ini bukan berarti tidak mengindahkan fatwa MUI, tetapi karena memang di daerah Pura Demak dan sekitarnya masih terbilang aman dari COVID-19. Selain itu, pelaksanaan shalat Jum’at tetap wajib dilaksanakan bagi daerah yang masih aman dari covid, sebagaimana yang diputuskan dalam Bahtsul Masail PWNU Jawa Timur terkait pelaksanaan ibadah dalam kondisi darurat.

Namun demikian, Musholla Al-Qomar tetap melakukan ikhtiar agar terhindar dari COVID-19 dengan menyemprotkan desinfektan di tangan setiap para jama’ah Jum’at sebelum masuk ke musholla atau area musholla.

Bahkan sehari sebelumnya, Musholla Al-Qomar juga sudah melakukan penyemprotan desinfektan untuk mencegah tersebarnya COVID-19 di dalam musolla dan area sekitar musolla. Dengan ikhtiar inilah, Musolla Al-Qomar tetap menunaikan shalat Jum’at.

Sebagai ikhtiar juga, sang Imam sholat Jum’at Musholla Al-Qomar juga membaca doa Qunut Nazilah yang diikuti oleh seluruh jama’ah dengan harapan semua bencana, bala’ wabah yang sedang terjadi diangkat oleh Allah, khususnya wabah covid-19 yang cukup menggelisahkan umat manusia.

Khatib juga menyampaikan, bahwa wabah corona ini merupakan ujian dari Allah, dan untuk terhindar dari wabah COVID-19 dan wabah ini segera hilang dari muka bumi ini harus memperbanyak sedekah dan istighfar memohon ampunan dari Allah.

Penulis: Taufiq Maulana
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »