Friday 07th October 2022,

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Untuk Kuatkan Ukhuwah di Gianyar

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Untuk Kuatkan Ukhuwah di Gianyar
Share it

ASWAJADEWATA.COM | GIANYAR

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR-RI kembali digelar oleh anggota MPR / DPD RI Daerah Pilih Bali H.Bambang Santoso. Di Masjid Agung Al – A’la Gianyar Sabtu, 6 Agustus 2022

Acara diawali dengan registrasi peserta mulai pukul 08.30. Mulai pada Pukul 09.00 dengan pembukaan dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu Luh Wiratmini.

Dilanjutkan dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Ustadz Mahram dan Laporan Ketua Panitia H. Ibnu Atho’illah,ST,MT. yang menyampaikan bahwa acara ini dihadiri 135 undangan. Terdiri dari ormas Islam, pengurus Masjid Musholla, Majelis Taklim dan tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Gianyar.

H. Saifudin Zaini staf ahli DPD RI menyampaikan Pengantar Materi 4 Pilar Kebangsaan MPR-RI. Diantaranya dua faktor penting kebangsaan yaitu keberagaman dan keberagamaan.

H. Bambang Santoso, anggota DPD MPR-RI

Memasuki acara inti yakni materi utama dari H. Bambang Santoso,MA. Pria kelahiran Jepara ini memaparkan pentingnya penguatan ukhuwah seperti yang tertuang pada Al – Qur’an Surat Al-Imron ayat 103

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.”

“Bagi ummat Islam, Pancasila sudah final. Karena Pancasila merupakan saripati dari ajaran – ajaran Islam. Mulai sila ke 1 tentang ke-Tuhan-an sampai ke 5 tentang keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tambahnya.

Acara diakhiri dengan dialog dan dengar aspirasi masyarakat Muslim di Gianyar yang dipandu oleh H. Jayadi Jaya. Adapun dialog ini membahas tentang permasalahan – permasalaham yang ada di masyakarat dan mengupayakan solusi atas masalah tersebut.

Penulis: Agus Surya

Editor: Dadie W. Prasetyoadi

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »