Saturday 25th September 2021,

Virdika: Pengikut Gus Dur Agar Jangan Bernasib Sama dengan Pengikut Soekarno

Virdika: Pengikut Gus Dur Agar Jangan Bernasib Sama dengan Pengikut Soekarno
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Penulis Buku “Menjerat Gus Dur”, Virdika Rizky Utama ingin terus mengingatkan kepada para pengikut Gus Dur agar jangan sampai bernasib sama dengan pengikutnya Soekarno. Hal ini ia ungkapkan saat Bedah Buku di Aula Gedung PWNU Bali pada Ahad malam (26/1).

Menurut Virdi, peralihan kekuasaan dari Presiden Soekarno ke Soeharto selama ini dianggap sebagai proses yang wajar. Karena selama tiga puluh dua tahun tidak pernah ada yang berani mengungkap.

“Padahal peralihan kekuasaan itu sarat dengan intrik, itu kudeta penurunan paksa” jelas Virdi

Sama halnya dengan Gus Dur, Virdi melanjutkan, bahwa penurunan Gus Dur bukan karena melanggar konstitusi sebagaimana yang dinarasikan, tapi juga diturunkan paksa oleh para oligarki politik sisa orde baru.

“Pengikut Gus Dur harus tau itu sebagai pembelajaran, untuk diingat, jangan sampai senasib dengan pengikut Soekarno yang disebut Marhaen, yang cenderung melupakan bahwa itu penurunan paksa” jelasnya.

Kemudian ketika menanggapi pertanyaan dari peserta terkait apakah buku tersebut pesanan dari pihak-pihak tertentu. Virdi mengatakan membutuhkan waktu dua tahun untuk meriset bukunya, dan biaya untuk meriset ia sisihkan dari hasil kerjanya sebagai jurnalis.

“Saya bebas, saya independen, saya tidak terikat dengan siapapun, saya kerjakan ini karena menurut saya ini penting” tegasnya.

Penulis: Abdul Karim Abraham
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »