Saturday 27th November 2021,

Antara OOTD dan Kebutuhan ‘Like’

Antara OOTD dan Kebutuhan ‘Like’
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Manusia tentu memiliki kebutuhan yang dipenuhi. Jika dilihat berdasarkan kegunaan, maka terdapat tiga kebutuhan; primer, sekunder, dan tersier.

Kebutuhan-kebutuhan itu memiliki kualitas dan peranan yang berbeda. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh manusia untuk melanjutkan hidup, seperti makan, minum, tempat tinggal, pakaian dan lain-lain. Kebutuhan sekunder yaitu yang pada umumnya apabila kebutuhan primer dapat terpenuhi, seperti rekreasi, membeli mobil, membeli apartemen, dan lain-lain. Kebutuhan tersier yaitu kebutuhan yang cenderung pada kehidupan hedonisme dan mewah, seperti mobil mewah, rumah mewah, perlengkapan mewah dan lain-lain.

Pakaian merupakan kebutuhan primer yang selalu mengalami pembaharuan setiap harinya. Tidak terlepas juga dari industri fashion yang terus bermekaran seperti pakaian yang memiliki brand ternama, barang yang limited edition, dan gaya yang berbeda. Hal tersebut mengakibatkan ‘Ledakan Fashion’ khususnya bagi kalangan muda. Mereka saat ini lebih mementingkan bagaimana caranya supaya terlihat good looking khususnya saat di depan kamera.

Good looking ini kemudian membuat masyarakat selalu memperhatikan gaya berpenampilan yang kemudian dikenal dengan istilah Outfit Of The Day (OOTD).

OOTD menjadi salah satu alasan untuk mengunggah foto dengan penampilan yang menarik. Mempadukan antara pakaian, celana, rok, sepatu, maupun hijab. OOTD juga menjadi projek besar dalam dunia maya terutama di media sosial seperti instagram dan facebook.

Dalam hal ini OOTD menjadi daya tarik bagi masyarakat yang memperhatikan gaya berbusana dan pakaian ternama. Hal ini juga menjadi semacam bentuk kompetisi guna mendapat ribuan bahkan jutaan ‘like’ dari warganet media sosial. Selain itu terdapat akun-akun OOTD yang setiap harinya khusus memuat konten-konten gaya berbusana. Ribuan follower akun OOTD mengirimkan gaya OOTD mereka melalui direct message (DM). Dilanjutkan dengan mengunggahnya di linimasa mereka tersebut.

Penulis: Imriatun Muchlisoh
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »