Sunday 14th July 2024,

Indahnya Ramadhan Bersama Al Qur’an

Indahnya Ramadhan Bersama Al Qur’an
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Oleh: Vivia

Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya al Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat manusia hingga saat ini. Bulan suci Ramadhan ini juga menjadi kesempatan baik bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketaqwaan. Salah satunya dengan banyak membaca al Quran dan mengamalkan isinya.

Ketika kita mampu membaca ayat ayat al Quran ataupun mendengarkannya, Allah SWT memuliakan kaum muslimin dengan derajat kemuliaan yang luar biasa. Ketika Al-Qur’an diturunkan dan Allah menjadikannya sebagai petunjuk sekaligus cahaya penerang, sudah sepatutnya kita memelihara nikmat yang agung ini sebagai nikmat hidayah yang abadi, yang bersifat umum dalam segala hal, baik nikmat kemuliaan, kepemimpinan, dan kehormatan.

Ramadhan ini juga bisa kita rasakan indahnya bila kita ikhlas menjalani bersama al Quran, di bulan ini juga kita banyak merasa tenang dan merasakan suasana baru dengan lantunan ayat ayat Al Quran yang biasanya di lantunkan setelah shalat tarawih, sebelum berbuka, atau waktu waktu tertentu lainnya. Semakin banyak ayat ayat Al Quran dilantunkan, disana juga terdapat ketenangan dan keberkahan dari Al Quran.

Turunnya Al-Qur’an pada bulan Ramadhan merupakan sugesti yang sangat kuat bagi umat Muslim untuk banyak membaca dan mengkajinya, karena pada hakikat dan realitasnya bulan Ramadhan merupakan bulan Al-Qur’an (QS. Al-Baqarah: 185).

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Betapa indahnya bulan Ramadhan ini jika kita jalani bersama al Quran, seperti mendirikan halaqah-halaqah kajian Al-Qur’an yang dikumandangkan di masjid-masjid sepanjang bulan tersebut, dimana umat muslim pun berbondong-bondong mendatanginya untuk mencari hidayah, hikmah, dan cahaya di pelataran rumah-rumah Allah.

Faktor penyebabnya tidak lain karena al Qur’an memiliki rasa yang khusus pada bulan Ramadhan, karena ia akan mengingatkan kenangan saat ia turun dan hari-hari pengkajiannya. Dan maka dari itu dengan kita mampu menjalankan ini semua, maka kita akan merasakan Indahnya Ramadhan bersama Al Quran

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »