Tuesday 03rd August 2021,

Melalui Musda XI, H. Mahrusun Terpilih Sebagai Ketua MUI Bali Periode 2020-2025

Melalui Musda XI, H. Mahrusun Terpilih Sebagai Ketua MUI Bali Periode 2020-2025
Share it

ASWAJADEWATA.COM | DENPASAR

Usulan Tim Formatur Musda XI Majelis Ulama Indonesia provinsi Bali 2020 yang terdiri dari unsur perwakilan MUI kabupaten/kota dan ormas keagamaan Islam memunculkan 3 nama calon ketua yang akan memimpin lembaga independen ini di periode tahun 2020-2025, yaitu; Drs. H. Mahrusun Hadiono, M.Pd.I, Ir. H. Maman Supratman, dan Dr. H. Mustafid Amna, Lc .

Setelah dilakukan rapat tim formatur dengan disaksikan oleh DPP MUI yang diwakili salah satu ketuanya Prof. KH. Cholil Nafis, Lc. MA, PhD, akhirnya terpilih melalui kesepakatan tim tersebut bahwa H. Mahrusun menjadi Ketua baru menggantikan ketua terdahulu H. Taufiq As’adi untuk memimpin MUI provinsi Bali di periode mendatang.

Sebelumnya, saat pembukaan Musda yang berlangsung pada Sabtu pagi (12/12) bertempat di Grand Palace Hotel Sanur, Kiai Cholil Nafis menyampaikan bahwa MUI adalah payung bersama umat Islam di Indonesia.

“MUI sebagai payung bersama kita, sehingga harus dapat menggandeng dan mengayomi seluruh komponen umat Islam di Indonesia, yang dapat diterima dan mewakili semua aspirasi masyarakat Islam Indonesia dari berbagai latar belakang,” katanya.

Sementara itu, dalam sambutan perdananya sebagai ketua terpilih, H. Mahrusun mengatakan bahwa hasil ini bukanlah bentuk regenerasi dalam tubuh MUI Bali, karena menurutnya usianya dengan ketua lama (H. Taufiq As’adi) sama, yaitu kelahiran tahun 1948.

“Namun begitu amanah ini akan tetap saya jalankan sebaik mungkin sebagai tugas pengabdian kepada umat,” ujarnya.

H. Mahrusun yang juga salah satu tokoh Nahdlatul Ulama Bali itu juga menyampaikan bahwa jabatan ini bukan apa-apa jika tidak dibantu oleh semua unsur kepengurusan yang ada.

“Saya tidak akan bisa melakukan apa-apa tanpa kerjasama dengan pengurus lain, karena MUI butuh kebersamaan umat untuk dapat bisa bermanfaat dan mendatangkan kemaslahatan yang dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” jelasnya.

Selain H. Mahrusun sebagai Ketua Umum, terpilih pula Wakil Ketua Umum Drs. H. Masrur Makmur, M.Pd.I, serta Ketua Dewan Pertimbangan MUI Bali yaitu KH. Noor Hadi Al Hafidz yang juga pengasuh PP. Roudhlotul Huffadz sekaligus Rais Syuriah PWNU Bali.

Hingga berita ini diturunkan, Musda MUI XI Bali 2020 tersebut masih sedang berlangsung memilih perangkat kepengurusan yang lain.

Penulis: Dadie W. Prasetyoadi
Editor: M. Taufiq Maulana

 

 

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »