Saturday 21st May 2022,

Ratusan Umat Lintas Agama Gelar “Takbiran Nusantara” di Bali.

Ratusan Umat Lintas Agama Gelar “Takbiran Nusantara” di Bali.
Share it

ASWAJADEWATA.COM | BADUNG

Komplek Puja Mandala Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, begitu semarak di malam menjelang Hari Raya Idul Fitri (1/5).

Pasalnya, di kompleks rumah ibadah 5 Agama tersebut dilangsungkan acara Takbiran Nusantara yang digagas Dewan Pimpinan Wilayah Pencinta Tanah Air Indonesia (PETANESIA) Prov.Bali.

Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari jamaah Masjid Ibnu Batutah serta undangan dari para tokoh lintas agama, etnis, dan budaya.

Para tokoh lintas etnia dan agama menghadiri “Takbiran Nusantara” di Nusa Dua Bali (1/4)

Ustad Ibnu Subhan Al Habib selaku Imam Masjid Ibnu Batutah, Komplek Puja Mandala menyampaikan bahwa kegiatan yang pertama kalinya diadakan ini, bertujuan untuk mempererat kembali Ukhuwah Wathoniyah (persaudaraan setanah Air) dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dan juga mempererat Ukhuwah Insaniyah (Persaudaraan Sesama Manusia), sehingga di Hari yang Fitri kita semua kembali kepada hati yang bersih, sebagaimana fitrah sejati manusia”, ungkapnya di sela sela acara.

Masih menurut pria yang juga menjadi pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Pencinta Tanah Air Indonesia (PETANESIA) Provinsi Bali ini, “Diharapkan kegiatan seperti ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun, sehingga dapat dijadikan momentum persatuan dan kesatuan, mengingat Komplek Puja Mandala yang terdiri dari 5 tempat ibadah agama tersebut dibangun dengan tujuan untuk menghormati kebhinekaan dan keragaman.”

Acara yang digagasnya tersebut dinilai masih memiliki banyak catatan yang harus diperbaiki di masa mendatang.

“Karena ide kegiatan ini muncul sangat mendadak dan berjalan mengalir saja tanpa waktu persiapan yang mencukupi, sehingga mohon maaf jika masih ada kekurangam disana sini”, tambahnya saat ditemui awak media.

Sementara itu, di kesempatan terpisah Ketua Yayasan Masjid Ibnu Batutah Haji Soleh, dalam sambutannya mengucapkan rasa bahagia dan terima kasih yang sebesar besarnya kepada para undangan yang telah hadir, khususnya dari perwakilan lintas agama dan etnis, budaya.

“Semoga tahun depan dapat istiqomah guna mengadakan kegiatan seperti ini lagi,” tutupnya dalam sambutan tersebut.

Di pertengahan acara, hadir pula Kapolresta Denpasar AKBP Bambang YP bersama jajarannya meninjau jalannya kegiatan dan melakukan pengamanan.

Kegiatan yang juga diisi dengan Pawai Obor keliling Komplek Puja Mandala itu, dihadiri oleh Ratu Aji Agung Ngurah Agung Ketua Persaudaraan Hindu Muslim Bali, Aryana Tan Ketua Demi Anak Generasi (DAG), I Ketut Winada dari Paguyuban Sedulur Nusantara Dewata (PSND), Pontas Simamora Ketua Ikatan Keluarga Besar Batak Bali, Yohanes dari Gereja Katolik Maria Segala Bangsa, Robin dan Damayanti perwakilan Nusantara Raya, Raden Pekik Heru Suryo Ngeksigondo, Hana Siregar dari Pertiwi Bali, Habib Dicky Pengasuh Keluarga Besar Lesbumi NU.

Selain itu turut hadir pula perwakilan dari komunitas lainnya seperti Reog Sardulo Mbalelo, Ikatan Keluarga Probolinggo Bali, Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga Bali, dan berbagai undangan lintas etnis dan agama.

Acara yang berakhir sekitar pukul 23.00 WITA tersebut, ditutup dengan santap bersama dan silaturahmi kebangsaan.

Semoga kegiatan Takbiran Nusantara yang baru pertama kali diadakan di Bali ini dapat menjadi spirit guna menjaga persatuan dan kesatuan Bali pada khususnya dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada umumnya sehingga terwujudnya Indonesia damai.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Penulis: Haryo Bagus Sudjatmiko

Editor: Dadie W. Prasetyoadi

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »