Tuesday 01st December 2020,

Saling Tolong Menolong, Tema Khutbah Jum’at Awal Syawal di Masjid Pahlawan Jembrana

Saling Tolong Menolong, Tema Khutbah Jum’at Awal Syawal di Masjid Pahlawan Jembrana
Share it

ASWAJADEWATA.COM – Ustadz Utsman mengawali khutbahnya dengan ajakan agar sesama muslim saling tolong menolong dalam kebaikan. “Dalam melakukannya pun tidak hanya berupa membantu dengan harta benda atau tenaga, memberi nasihat pun termsauk kategori menolong”, ujarnya di hadapan jamaah Masjid Pahlawan, Air Kuning, Jembrana Bali. (7/6)

Kemudian ia menegaskan bahwa tolong menolong dalam kebaikan ialah memberi nasehat kepada orang yang dzholim, agar orang yang dizolimi terhindar dari perbuatannya.

“Lalu bagaimana cara menasehati orang yang berbuat dzolim? Yaitu dengan memberi nasehat dengan cara yang baik dan lemah lembut agar tidak sampai menyinggung perasaannya”, terang Alumni Pon Pes Syamsul Huda, Negara tersebut.

Semua bangsa yang tersebar adalah dari keturunan yang sama. Perbedaan bahasa, warna kulit, suku dan daerah yang dipijak, bukan menjadi penghalang untuk hidup bersama.

“Untuk itu, sebagai makhkuk sosial kita tidak bisa lepas dari hidup bermasyarakat”, tegasnya kemudian.

Hidup bermasyarakat pada hakikatnya adalah saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya.

“Semoga dengan momentum bulan syawal ini dapat mempererat tali persaudraraan diantara sesama, khususnya di Desa air Kuning, Jembrana ini”, pungkasnya. (Syah)

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »