Saturday 10th December 2022,

Wisuda ke-2 Ma’had Aly Nurul Qarnain; Begini Harapan Kiai Yazid Kepada Wisudawan

Wisuda ke-2 Ma’had Aly Nurul Qarnain; Begini Harapan Kiai Yazid Kepada Wisudawan
Share it

ASWAJADEWATA.COM | JEMBER

Rabu, (16/11/2022) Ma’had Aly Nurul Qarnain, Sukowono, Jember, Jawa Timur menggelar acara Wisuda ke-2 di Auditorium KH Yazid Karimullah. Acara yang dimulai tepat pukul 07.15 WIB ini dihadiri oleh Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qarnain, Mudir Ma’had Aly Nurul Qarnain, para dosen, wisudawan/wisudawati, wali dari wisudawan, serta mahasantri Ma’had Aly.

Wisuda ke-2 ini, Ma’had Aly Nurul Qarnain li Ilmi al-Fiqhi wa Ushulihi Takhassush Fiqhu as-Siyasah mewisuda 15 mahasantri. Mereka terdiri dari 7 mahasantri putra dan 8 mahasantri putri. Para wisudawan tersebut telah sah menyandang gelar sarjana agama setelah selesai menempuh perkuliahan selama 4 tahun lamanya.

Rangkaian acara dalam wisuda ke-2 ini adalah pembukaan, lantunan ayat suci al-Quran, gema selawat Nabi, sambutan ketua panitia, prosesi wisuda, sumpah wisudawan, orasi hikmah, serta penutup atau doa. Dalam acara wisuda ini juga memutuskan dan menetapkan mahasantri atas nama Muhammad Ihyaul Fikro asal Karangasem, Bali, sebagai wisudawan terbaik.

Sementara itu, dalam orasi hikmah, KH Yazid Karimullah bercerita tentang kisah perjuangan dan cita-citanya dalam mendirikan pondok pesantren serta Ma’had Aly.

Kiai Yazid banyak menaruh harap kepada para wisudawan ke-2 Ma’had Aly Nurul Qarnain ini agar benar-benar mengamalkan ilmunya selama di pondok serta saat pulang ke masyakarat kelak.

“Santri itu tidak kemana-mana, tapi ada di mana-mana. Artinya di mana pun santri berpijak, apapun pekerjaan santri,  ia harus mempertahankan eksistensinya sebagai seorang santri,” tutur Kiai Yazid di hadapan para mahasantri, wali mahasantri, serta tamu undangan.

Selain itu, Kiai Yazid juga berpesan kepada seluruh mahasantri yang diwisuda agar melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, dan berharap menjadi sarjana yang bermanfaat.

Seusai menyampaikan orasi ilmiahnya, Kiai Yazid sekaligus memimpin doa, dilanjutkan foto bersama para wisudawan dan wisudawati bersama pengasuh, mudir, dan segenap sivitas akademika Ma’had Aly Nurul Qarnain sebagai akhir acara.

 

Sumber: https://nurulqarnain.net/harapan-kiai-yazid-pada-wisuda-ke-2-mahad-aly-nurul-qarnain/

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »