Wednesday 04th August 2021,

Dua Dzikir untuk Mengkavling Surga

Dua Dzikir untuk Mengkavling Surga
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Dalam kitab Syarah Ratibul Haddad, terdapat keterangan tentang fadilah dzikir. Diantaranya dua dzikir yang memiliki fadhilah mengkavling surga. Yaitu dzikir kedua dan ketiga dalam susunan dzikir Ratibul Haddad.

Dzikir kedua:

سبحان الله، والحمد لله، ولا إله إلا الله، والله أكبر

Salah satu fadlilah dari dzikir tersebut adalah, bagi seseorang yang membacanya akan mendapatkan balasan dari Allah berupa tanaman atau pohon di surga. Sebagaimana dalam hadits berikut:

قال رسولُ الله ﷺ: لقيتُ ليلة أُسرى بي إبراهيم الخليل عليه السلام، فقال: يا محمد، أقرئ أمتك مني السلام، وأخبرهم أنَّ الجنة طيبة التربة، عذبة الماء، وأنها قِيعان، وأنَّ غراسها: سبحان الله، والحمد لله، ولا إله إلا الله، والله أكبر،

Rasulullah bersabda, “Aku berjumpa dengan Ibrahim as. pada malam aku diisra’ mi’rajkan. Ia berkata kepadaku, “Sampaikan salamku kepada umatmu. Beritahukan kepada mereka bahwa surge tanahnya sangat subur, airnya sangat jernih dan tanam-tanamannya adalah subhanallahi walhamdulillahi  wala ilaha illallahu wallahu akbar”

وفي الترمذي من حديث أبي الزبير، عن جابر، عن النبي ﷺ قال: مَن قال: سبحان الله وبحمده غُرست له نخلة في الجنة، قال الترمذي: حديث حسن صحيح.

Dalam Hadits lain Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca keempat  kalimat ini (dzikir yang kedua di atas) maka baginya dari setiap kalimat satu pohon di surge.”

Dzikir ketiga,

سُبْـحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْـحَانَ اللهِ العَظِيمِ

Dalam Hadits dijelaskan,

وعنْ جابرٍ ، عَنِ النبي قَالَ: منْ قَالَ: سُبْحانَ اللَّهِ وبحَمدِهِ، غُرِستْ لهُ نَخْلَةٌ في الجَنَّةِ. رواه الترمذي وَقالَ: حديث حسنٌ.

Diriwayatkan at-Turmudzi nahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca subhanallahi wabihamdihi maka akan ditanamkan baginya satu pohon kurma di surga.”

Lebih lanjut dalam kitab Syarah Ratibul Haddad dijelaskan, ketahuilah siapa yang membaca dzikir tersebut sebanyak tiga kali sebagaimana yang telah disusun dalam Ratibul Haddad (3x) maka akan ditanamkan baginya tiga pohon kurma di surga.

Dua dzikir di atas menjadi bekal kelak di surga bagi kita yang membacanya. Membaca satu kali mendapatkan satu balasan dari Allah berupa satu pohon di surga. Jika membacanya rutin dalam setiap dzikir siang dan malam, maka akan mendapatkan berapa tanaman di surga!

Dengan demikian, kita yang membacanya secara terus-menerus dari  waktu kewaktu secara istiqamah, sesuai keterangan hadits di atas kita bisa mendapatkan berjuta-juta tanaman atau pohon kurma di surga.

Secara tidak langsung, kita telah mengkavling surga dengan bacaan dzikir tersebut. Namun, jangan sampai merasa sudah ahli surga lantas menuduh orang masuk neraka hanya karena sudah menganggap dirinya punya kavlingan surga.

Kita harus ingat! Berdzikir kepada Allah adalah tugas kita sebagai seorang hamba. Orang yang berdzikir seharusnya fokus mengingat Allah bukan malah sibuk menilai orang lain. Tentang surga itu nomor sekian. Karena jika sudah larut mengingat Allah, surga bukanlah harapan dan tujuan.

(Catatan ngaji kitab Syarah Ratibul Haddad bersama Gus Tama. Syarah Ratibul Haddad halaman 177 dan 183)

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »