Friday 07th May 2021,

Jokowi Gratiskan Vaksin Covid 19, Optimisme Berakhirnya Pandemi Meningkat

Jokowi Gratiskan Vaksin Covid 19, Optimisme Berakhirnya Pandemi Meningkat
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Pernyataan Presiden Jokowi tentang keputusannya untuk menggratiskan Vaksin Covid 19 bagi seluruh rakyat Indonesia menuai apresiasi dari banyak kalangan baik lokal maupun internasional. Dalam pernyataannya, Jokowi mengatakan bahwa dirinya akan menjadi orang yang pertama divaksin, untuk memastikan vaksin tersebut aman digunakan.

keputusan yang disiarkan oleh kanal Youtube Sekretariat Negara pada Rabu (16/12) itu seketika menjadi pembahasan di banyak media online internasional.

Stasiun televisi Australia, ABC, pada Rabu (16/12), membuat laporan yang menyatakan Jokowi akan menjadi orang yang disuntik vaksin pertama kali, untuk meyakinkan rakyat Indonesia vaksin itu aman digunakan.

Sedangkan kantor berita China, Xinhua, juga menuliskan laporan tentang keputusan Jokowi menggratiskan vaksin corona. Mereka menuliskan Jokowi memerintahkan seluruh kementerian dan lembaga negara mengutamakan program vaksinasi dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2021.

Surat kabar Nikkei Asia juga menuliskan tentang keputusan Jokowi menggratiskan vaksin corona. Mereka melaporkan Jokowi juga memerintahkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, untuk mengalihkan sejumlah anggaran yang tersedia untuk program vaksinasi, supaya tidak ada alasan masyarakat tidak mendapatkan vaksin.

Tak hanya media online asing, kalangan Epidemiolog seperti dilansir dari kompas.com turut mengapresiasi keputusan penting ini. Diberitakan bahwa Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman menegaskan bahwa dirinya sangat mengapresiasi pernyataan Presiden Joko Widodo perihal akan menggratiskan vaksin Covid-19 untuk masyarakat.

“Pak Presiden sangat saya apresiasi. Ini great decisions ya. Karena berarti clear ya dan itu memang sudah sesuai regulasi,” kata Dicky.

Selain itu, Indeks Harga Gabungan (IHSG) terpantau melonjak hingga berada di batas hijau. Hal tersebut dikatakan oleh Senior Research Analyst Infovesta Praska Putrayantyo.

“IHSG sesi kali ini (Rabu, 16/12) ditutup menguat 108,27 poin atau 1,83 persen ke level 6.118,40. Sejak awal perdagangan, indeks sudah bertenaga dan menutup sesi pertama dengan penguatan 1,47 persen ke level 6.098,64. Posisi IHSG hari ini adalah yang tertinggi sejak 29 Januari 2020,” paparnya, dikutip dari sindonews.com

Perubahan kebijakan Jokowi dari vaksin berbayar menjadi gratis ini dinilai sangat meringankan beban rakyat Indonesia setelah hampir 1 tahun berada dalam kondisi tak menentu akibat dampak pandemi.

Disamping keputusan menggratiskan biaya vaksin, tak kalah penting pemerintah juga diharapkan untuk memastikan distribusinya berjalan dengan baik hingga menjangkau seluruh warga daerah-daerah terpencil di seluruh wilayah Indonesia.

Penulis: Nur Ikhsan
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

 

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »