Tuesday 01st December 2020,

Keutamaan Penuntut Ilmu Menurut KHR. Kholil As’ad Syamsul Arifin

Keutamaan Penuntut Ilmu Menurut KHR. Kholil As’ad Syamsul Arifin
Share it

ASWAJADEWATA.COM | 

Ketahuilah bahwa untuk menjadi seorang muslim yg kaffah tidaklah cukup hanya berikrar dengan menyebut nama Allah dan Rasulnya, melainkan ia harus memahami apa itu Islam secara hakiki, baik perspektif syariat, ma’rifat maupun hakikat.

Menjadi seorang muslim tidaklah cukup memahami teks-teks ke islaman secara literasi tapi ia harus memahami teks-teks secara maknawi, apalagi di era saat ini, dimana paham-paham ke-Islam-an yang menyesatkan mulai bermunculan. Maka dari itu menjadi suatu kewajiban buat kita untuk selalu belajar dan belajar. Demi menjaga kadar keimanan dan kemurnian ajaran islam, sehingga kita mampu memfilter paham-paham yang menyesatkan tersebut. sebagaimana yang di perintahkan oleh Baginda kita Nabi besar Muhammad SAW. Beliau bersabda ” Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim (HR. Ibnu majah no 234.).

Berbicara tentang kewajiban menuntut Ilmu, tentu tidak akan lepas dari keutamaan-keutamaannya Baik keutamaan di dunia maupun di akhirat.

Seperti yang dikatakan oleh KHR. Moh. Kholil As’ad Syamsul Arifin, di Central Parkir Kuta, Bali, “Bahwa orang mencari ilmu, dia akan diberikan kemudahan untuk menuju kenikmatan kehidupan baik di dunia maupun di akhirat” (7/9).

Maka jelaslah bahwa para penuntut ilmu hendaknya tak usah ragu, tak usah gundah. Bahwa di balik perjuangan yang melelahkan ada kenikmatan yang Allah telah persiapkan untuk kita, kelak di dunia maupun akhirat.

Keutamaan selanjutnya adalah bahwa jikalau kita para penuntut ilmu sudah benar-benar memahami dan mengerti bahwa jalan yang kita tempuh adalah kebaikan dan sebuah kenikmatan maka tiada balasan baginya kecuali kenikmatan akhirat. Sebagaimana yang dikatakan oleh beliau. “Barangsiapa menempuh jalan untuk memperoleh ilmu makan akan dimudahkan jalan menuju surga” (7/9)

Lanjut lagi Kiai Kholil berkata “Selain mendapatkan kemudahan dalam menuntut ilmu, mendapatkan balasan surga, para penuntut ilmu akan selalu dikelilingi oleh para malaikat. sebab para malaikan telah membentangkan sayapnya untuk dijadikan jembatan atau pijakan para penuntut ilmu.” (7/9).

Begitulah beberapa keutamaan-keutamaan yang akan didapatkan oleh para penuntut ilmu baik di dunia maupun di akhirat. Sebagaimana firman Allah dalam Al Qur’an surat Al Mujadalah ayat 11 yang artinya : Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.

Reporter: Subhan

Editor: Dadie W. Prasetyoadi

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »