Wednesday 16th June 2021,

Nasib Adzan Maghrib Pasca Ramadhan

Nasib Adzan Maghrib Pasca Ramadhan
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Adzan magrib merupakan salah satu tanda bahwa waktu berbuka puasa telah tiba. Karenanya, dalam bulan Ramadhan khususnya, ia begitu dinanti layaknya seorang kekasih pujaan hati.

Rasa senang orang yang berpuasa ketika mendengarnya sungguh sangatlah sulit dirangkai dengan sebuah kata. Lalu bagaimanakah nasibmu wahai adzan magrib setelah kepergian Ramadhan? Masihkah engkau layaknya artis pujaan yang selalu ditunggu oleh jutaan penggemarnya?

Dan ternyata, sebagian orang yang mendengar adzan magrib berkumandang, malah berkomentar dengan nada heran: “Lho. Kok sudah adzan (magrib) ya.”

Amboi! Adzan magrib pasca Ramadhan bernasib tragis. Seakan-akan kehadirannya tidak dikehendaki. Nasibnya di luar Ramadhan berbanding terbalik dengan yang dialaminya di bulan mulia itu. Miris banget kayaknya deh.

Apakah komentar sebagian orang itu menandakan kedangkalan imannya??? Dan tentu jawabannya adalah tidak!!!

Karena sesuai janji Allah (melalui Rasul-Nya) bahwa orang yang berpuasa itu akan mendapat dua kebahagiaan, ketika ia berbuka dan ketika ia berjumpa dengan Allah swt kelak di surga.

Karenanya, suka cita ketika mendengar adzan magrib di bulan Ramadhan itu tidak lebih dari pemenuhan janji Allah kepada umat Islam yang berpuasa. Dan menjadi sangat wajar ketika suka cita tersebut tidak dijumpai di luar Ramadhan (khususnya bagi orang yang tidak berpuasa sunnah atau puasa yang lain).

Selamat jalan duhai bulan Ramadhan. Semoga bisa berjumpa lagi di tahun-tahun berikutnya. Semoga masih diberi kesempatan untuk mendengarkan indahnya lantunan adzan magrib pada saat matahari terbenam di ufuk barat.

Oleh: Ustadz Rifai Joni/Ketua Keluarga Alumni Ma’had Aly (Kamaly) Bondowoso

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »