Wednesday 21st April 2021,

Pelatihan JRA Klungkung Diikuti Peserta Hingga Luar Bali

Pelatihan JRA Klungkung Diikuti Peserta Hingga Luar Bali
Share it

ASWAJADEWATA.COM | KLUNGKUNG

Tim Majapahit PC JRA Klungkung mengadakan Pelatihan dan Ijazahan Jam’iyyah Ruqyah Aswaja  (JRA) An-Nahdliyyah. Pada Ahad 15 Desember 2019 pukul 09.00 wita, dengan mengambil tempat di Masjid Nurul Huda, Kampung Islam Gelgel, Klungkung.

Kegiatan diawali sambutan oleh MC yaitu Ustadz Wildan,S.Pd.I dan pembacaan Ayat suci Al Qur’an Adiba Khanza Mecchiya. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu Syubbhanul Wathon yang dipimpin oleh Kasatkorcab Banser Klungkung, Sahabat Abdul Hamid. Dan pembacaan Maulid dipimpin oleh H. Mahyudin yang merupakan Ketua Takmir Masjid Nurul Huda.

Menyanyikan Lagu Syubbhanul Wathon dipimpin Kasatkorcab Banser Klungkung

JRA sudah menjadi badan otonom NU. Demikianlah yang disampaikan oleh Rois Syuriyyah PC NU Klungkung Drs. Humaidi. Mudah – mudahan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan yang bisa dimanfaatkan sehari – hari. Terlebih menambah kecintaan kita kepada NU.

Prebekel Kampung Islam Gelgel, Bapak Sahidin, A.MA menyampaikan rasa syukur sekaligus bangga karena Kampung Islam Gelgel telah ditunjuk sebagai tempat umtuk mengadakan pelatihan. Mudah – mudahan dapat berjalan lancar, tutupnya.

Rois Syuriyyah PCNU Klungkung

Kita sering salah dalam memahami Ruqyah. Demikianlah yang disampaikan oleh Ketua PW JRA Bali, Ustadz Harisuddin,M.Pd.I,M.H.I. Kita sering menganggap Ruqyah adalah sebagai alternatif. Karena Al Qur’an adalah pengobatan pertama dan utama. Dan Ruqyah diidentikkan dengan jin dan kesurupan.

Di Bali sendiri sudah terbentuk 7 PC JRA (setingkat kabupaten) . Jadi ini dijadikan metode dakwah Al – Qur’an seperti yang telah dilakukan Wali Songo. Dan di JRA juga sudah memiliki sanad yang bersambung pada Rasulullah SAW, tutupnya. Dan kemudian dilanjutkan dengan doa oleh Habib Idrus dari Malaya, Jembrana.

Ketua PC JRA Klungkung

Memasuki acara inti, kegiatan dipimpin langsung oleh Gus ‘Allama Allaudin Shiddiqi, M.Pd.I. Dimulai dengan pengenalan sejarah, dasar pemikiran, hadits – hadits tentang Ruqyah dan praktek Ruqyah baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Dan terakhir, pengijazahan sebagai tanda pengesahan sebagai Praktisi Ruqyah.

Ketua Panitia Ustadz Muh. Hairum,S.Pd.I yang juga Ketua PC JRA Klungkung menyampaikan bahwa pelatihan ini diikuti peserta tak hanya dari wilayah Bali saja. Melainkan juga dari luar daerah seperti Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi. Dan total peserta pelatihan berjumlah 91 orang.

Reporter/Foto: Agus Surya
Editor: Dadie W. Prasetyoadi

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »