Friday 20th May 2022,

Ponpes Syafaatul Ummah Al Muduni Karangasem, Kebangkitan Aswaja di Bali Timur

Ponpes Syafaatul Ummah Al Muduni Karangasem, Kebangkitan Aswaja di Bali Timur
Share it

ASWAJADEWATA.COM | KARANGASEM

Perkembangan Islam tidak terlepas dari perkembangan pendidikan Islam itu sendiri. Serta guna menjaga generasi masa depan Islam yang berkualitas, Majelis Wakil Cabang  (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Sidemen Karangasem mendirikan pondok pesantren.

Ialah Pondok Pesantren Syafaatul Ummah Al Muduni. Yang memiliki arti “memberi kontribusi kepada Ummat serta lingkungan sekitar”. Meskipun baru aktif sejak 3 bulan lalu, ponpes ini berkembang pesat hingga memiliki 125 santri dari Kampung Islam Sindu, Kampung Sindu Punia dan Kampung Buu.

Pondok Pesantren yang berlokasi dekat Lapangan Mamed ini telah memiliki SK Ditjen Pendidikan Islam Nomor 1888 Tahun 2021 tentang Penetapan Nomor Statistik Pesantren dan Akta Notaris Nomor 01 tanggal 07 Juni 2021 oleh Notaris Nurul Kusuma Wardhani,S.H.,M.Kn.

Dan telah diresmikan pada Kamis, 19 Agustus 2021 oleh Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem, H. Hamidin,S.Sos. Serta dihadiri jajaran PWNU Bali, PCNU Karangasem dan Satkorcab Banser Karangasem.

Para Santri Ponpes Syafaatul Ummah Al Muduni, Sidemen-Karangasem.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Syafaatul Ummah Al Muduni yang juga Ketua Majelis Wakil Cabang  (MWC) NU Kecamatan Sidemen, H. Sapiudin, S.Ag menuturkan bahwa pesantren ini dibentuk untuk mewadahi generasi masa depan Ahlus Sunnah Wal Jamaah agar terhindar dari paham radikal dan salah pergaulan.

“Pondok Pesantren ini juga memiliki program unggulan berupa Tahfidz Qur’an. Dan kedepannya pondok pesantren ini juga akan bekerja sama dengan Ponpes Darul Qur’an milik Ustadz Yusuf Mansur dan Ponpes Darullughah Wadda’wah atau Dalwa, Bangil Pasuruan,” tambah Ketua MUI Kecamatan Sidemen ini.

“Selain di bidang pendidikan agama, kami juga ingin mengembangkan program ekonomi keumatan. Seperti mengembangkan potensi produk lokal khas Sidemen, AMDK dan Balai Latihan Kerja atau BLK,” tutupnya.

Hal senada juga diungkapkan Bapak Syafrudin Ahmad selaku Penasehat Pondok Pesantren. Selain sebagai tempat belajar agama. Pondok Pesantren juga berfungsi sebagai benteng untuk menangkal radikalisme. Sehingga ponpes ini juga diterima baik oleh warga sekitar.

Donasi pengembangan pondok pesantren
Rek BRI 4613-01-016972-53-5
A.n. Yayasan Syafaatul Ummah Al Muduni

Kontributor: Agus Surya

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »