Monday 30th November 2020,

Tawassul

Dadie W Prasetyoadi October 1, 2019 Aswaja No Comments on Tawassul
Tawassul
Share it

ASWAJADEWATA.COM 

Banyak orang keliru dalam memahami hakikat tawassul karena itu kami akan menjelaskan pengertian tawassul yang benar dalam pandangan kami.Namun sebelumnya, akan kami jelaskan dulu beberapa poin penting berikut ini,

  1. Tawassul adalah salah satu metode berdoa dan salah satu pintu dari pintu-pintu untuk menghadap Allah Subhanallahu wa ta’ala.  yang menjadi tujuan doa sesungguhnya adalah Allah, bukan makhluk. Sedangkan objek yang dijadikan tawassul berperan sebagai mediator untuk mendekatkan diri pada Allah. Siapapun yang meyakini di luar batasan ini berarti ia telah musyrik.
  2. Orang yang melakukan tawassul sebenarnya tidaklah bertawassul dengan menggunakan perantara kecuali karena ia mencintai perantara tersebut. Jika ternyata penilaiannya keliru, niscaya ia akan menjadi orang yang paling menjauhinya dan paling membencinya.
  3. Orang yang bertawassul jika meyakini bahwa media yang dijadikan untuk bertawassul kepada Allah itu bisa memberi manfaat dan derita dengan sendirinya sebagaimana Allah, atau meyakini bisa mendatangkan manfaat tanpa izin-Nya maka ia menjadi musyrik.
  4. Tawassul bukanlah suatu keharusan dan terkabulnya doa tidaklah ditentukan dengan tawassul. Dan sesungguhnya doa yang dikabulkan justru ditentukan oleh doa kepada Allah secara mutlak, sebagaimana firman Allah,

“Dan apabila hamba-hamba-ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasannya Aku adalah dekat” (QS. al-Baqarah: 186)

Dalam ayat lain Allah berfirman:

“Katakanlah, Serulah Allah atau serulah al-Rahman dengan nama yang mana saja kamu seru. Dia mempunyai al-Asmaul Husna (nama yang terbaik).” (QS. al-Isro’: 110)

Sumber: Kitab ‘Mafahim Yajib an Tushohhah’ (Pemahaman yang Harus Diluruskan)
Karya Prof. Dr. As-Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki al-Hasani

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »