Thursday 27th January 2022,

Lakmud PW IPNU-IPPNU Bali Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kader

Lakmud PW IPNU-IPPNU Bali Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kader
Share it

ASWAJADEWATA.COM |

Latihan Kader Muda (Lakmud) sebagai jenjang pelatihan dalam organisasi IPNU & IPPNU adalah salah satu proses lanjutan yang harus dilalui oleh setiap kader Pelajar NU yang ingin berkiprah dalam kepengurusan organisasi tersebut.

Atas dasar itu, PW IPNU-IPPNU Bali secara bersama menggelar pelatihan kadernya selama 3 hari pada 26-28 November 2021 di Wisma Sejahtera Kanwil Kemenag Kota Denpasar, Lumintang.

Pelatihan yang kali pertama dilaksanakan oleh PW IPNU-IPPNU Bali ini diikuti 21 orang peserta. Sebagian besar peserta tersebut adalah kader Pelajar NU dari Pimpinan Cabang Kota Denpasar dan Badung. Namun adapula beberapa peserta yang merupakan pengurus PAC IPNU Kuta Utara, Denpasar Selatan dan lainnya, seperti diungkapkan oleh Rekan Khazin, saat menyampaikan sambutan mewakili Ketua PW IPNU Bali pada saat acara pembukaan, Jumat siang (26/11).

Selain hal itu, Khazin juga mengatakan bahwa Lakmud yang dilaksanakan PW IPNU Bali ini dalam rangka turut mengapresiasi Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU di beberapa kabupaten di Bali yang telah melaksanakannya terlebih dulu.

“Kami sangat mengapresiasi para pengurus PC yang telah melaksanakan Lakmud di daerahnya. Oleh karenanya, kami berinisiatif melaksanakannya juga, agar proses pengembangan SDM kader Pelajar NU Bali dapat lebih masif. Hasilnya dapat menjadi percontohan untuk dibawa ke PC oleh masing-masing kader nantinya,” ujar Khazin yang juga mantan Ketua PC IPNU Kota Denpasar itu.

Kegiatan pelatihan tersebut akan diisi dengan materi-materi yang akan disampaikan oleh instruktur dan narasumber yang tidak saja dari Bali. Beberapa instruktur Lakmud dari Jawa Timur juga akan menjadi tutor.

Sementara itu, Wakil Ketua PWNU Bali Drs. Saefuddin Azis yang hadiri mewakili Ketua PWNU Bali dalam sambutannya menyampaikan bahwa bagi IPNU dan IPPNU sebagai generasi penerus, Lakmud ini sangat penting.

“Kegiatan semacam ini harus terus digalakkan agar searah dengan pengkaderan-pengkaderan lain yang ada ditubuh NU serta banom-banomnya. Seperti MKNU,” jelasnya kemudian.

Selanjutnya di akhir sambutannya, Saefuddin juga menyinggung tentang keberhasilan PWNU Bali mendirikan perguruan tinggi yang saat ini telah memasuki tahun ketiga.

“Didirikannya perguruan tinggi ini adalah termasuk salah satu usaha NU Bali dalam membangun kualitas SDM generasi muda NU. Agar mampu bersaing dan berkiprah lebih jauh dalam masyarakat,” tandasnya.

Acara pembukaan Lakmud PW IPNU-IPPNU Bali ini selain mengundang para pembina IPNU-IPPNU Bali, juga terlihat dihadiri oleh Ketua Pelajar Islam Indonesia (PII)Bali, Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Bali, serta undangan lain.

Penulis: Dadie W. Prasetyoadi

Like this Article? Share it!

Leave A Response

Translate »